oleh

13 Atlet PON XX Papua Asal Ciamis, Dapat Uang Kadeudeuh

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Sebanyak 13 atlet Pekan Olahraga Nasional ((PON) XX Papua asal Kabupaten Ciamis yang membela kontingen Jawa Barat mendapatkan uang kadeudeuh dari Pemkab Ciamis. Pemberian uang kadeudeuh kepada 13 atlet PON asal Ciamis tersebut berlangsung di Aula Sekertariat Daerah Kabupaten Ciamis, Selasa (26/10/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, Wakil Bupati, Yana D Putra, Sekertaris Daerah (Sekda) Ciamis, H. Tatang, Ketua dan Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Ciamis, serta perwakilan unsur Forkopimda.

Bupati mengungkapkan kebahagian yang tak terhingga dengan raihan prestasi para atlet Ciamis yang sangat membanggakan.

Dijelaskannya Kontingen Jawa Barat menjadi juara umum pada gelaran PON XX Papua dengan merebut sebanyak 133 medali emas, 105 perak dan 115 perunggu, dengan total mengoleksi 353 medali.

“Sungguh ini merupakan prestasi yang luar biasa, para atlet PON Kabupaten Ciamis berhasil menyumbang 10 medali emas, 7 perak dan 6 perunggu total 23 medali. Saya bangga, ini luar biasa dan tidak mudah untuk mendapatkan medali sebanyak itu,” ungkapnya.

Menurutnya, tentu mereka tidaklah mudah untuk meraihnya, para atlet harus berlatih secara terprogram, terencana dan terukur, segala perjuangan para atlet sudah terbayar lunas dengan prestasi yang membanggakan bagi Ciamis dan Jawa Barat, untuk itu pihaknya memberikan perhatian kepada atlet berupa uang kadeudeuh.

Bupati juga mengingatkan agar para atlet tidak cepat berpuas diri dengan raihan prestasi di PON tersebut, mereka harus mempunyai capaian target di event yang lebih tinggi lagi. Ia berharap, atlet asal Ciamis harus melenggang ke ajang internasional.

“Kemarin juara di tingkat nasional, tidak menutup kemungkinan, besok bisa juara di ajang Internasional. Syaratnya latihan yang terencana, terprogram, dan terukur, sehingga akan betul terjaga staminanya, fisiknya, diberangi skil yang terus meningkat,” tegasnya.

Bupati juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah akan selalu mendukung para atlet untuk mencapai prestasi dengan membangun maupun memperbaiki sarana dan prasarananya. “Insyaallah Pemkab akan selalu mendukung baik sarana maupun prasarananya bagi para atlit, salah satunya kita akan selesaikan stadion atlit di tahun ini,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Ciamis, Yasmin Sambas mengucapkan rasa bangga karena telah berhasil memberikan yang terbaik untuk Jabar sehingga berhasil mempertahankan gelar sebagai juara umum. “Para atlet Kabupaten Ciamis telah berhasil menyumbangkan 10 medali Emas, 7 medali Perak dan 7 medali Perunggu, ini sebuah prestasi membanggakan, ini pertama dalam sejarah” ungkapnya.

Dijelaskan Yasmin, bahwa capaian tersebut tidak lepas dari peran Pemkab yang dalam hal ini Bupati Ciamis atas support, dukungan dan dorongannya kepada para atlet. Salah satunya dengan pemberian uang kedeudeuh ini.

“Sejak kepemimpinan Bupati Herdiat Kabupaten Ciamis dapat meraih 10 medali emas, sehingga tidaklah berlebihan jika kami memberi penghargaan kepada Bupati dan mendeklarasikan Bupati Herdiat sebagai bapak olahraga Kabupaten Ciamis,” tegasnya.

Adapun para atlet Ciamis yang berprestasi di ajang PON XX Papua 2021 adalah : Dheya Nazhira Nuramalina dari Cabor Selam dengan perolehan 1 medali emas, 1 medali perunggu.

Triadi Fauzi Sidiq dari Cabor Renang dengan perolehan 7 medali yaitu, 2 medali emas peorangan, 1 medali emas beregu, 2 medali perak beregu, 2 medali perunggu perorangan.

Raina Shaumi Grahana dari Cabor Renang dengan 6 medali yaitu 1 medalli emas perorangan, 2 medali perak perorangan 1 medali pera beregu, 1 medali perunggu peroranagan, 1 perunggu beregu.

Agus Prayogo dari Cabor Atletik dengan 3 medali.

Muhammad Syafi’i Nurhikmah dari Cabor Pencak Silat dengan 1 medali perak.

Kinanti Ulfa Aristi dari Cabor Menembak dengan perolehan 1 medali emas.

Fajar Zaelani dari Cabor HOKI Nugraha dengan 1 medali emas.

Ismiati Nursyamsiah dari Cabor HOKI dengan 1 medali perunggu.

Dede Heti dari Cabor Atletik dengan perolehan 1 medali perak.

Selain atlet yang memperoleh medali ada juga atlet yang tidak mendapatkan medali, para Pelatih dan Wasit yang juga mendapatkan uang kadeudeuh adalah: Egi Gandana dan Rudi Herdiansyah Cabor Voli Pasir, Orin Cabor Rugby, Yoga Adiyatama Cabor Sepak Bola. Sementara untuk Pelatih yaitu: Yodo Geri Matikar 1 emas 1 perak, omAar Irwan Hakim, Pelatih Voli Pantai.

Sedangkan untuk Wasit dan Juri adalah: Aus Heryanto, Abdul Aziz dan Tita Puspitasari Hoki, Indra Mufti Voli dan Andang Rohendi Menembak. (Nank Irawan**)

News Feed