oleh

13 Kelompok Tani Dapat Bantuan Alat Mesin Pertanian

buletinindonesianews.com
CIAMIS, Jabar — Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menyerahkan bantuan alat mesin pertanian berupa traktor roda dua, pompa air dan cultivator kepada 13 Kelompok Tani, penyerahan alat pertanian tersebut dilakukan secara simbolis di Aula Dinas Pertanian Ciamis, Selasa (03/08/2021).

Untuk mendukung upaya meningkatkan produksi komoditas hasil pertanian di Kabupaten Ciamis, Pemkab Ciamis memberikan bantuan alat mesin pertanian tersebut yang bersumber dari APBN tahun 2021.

Dikatakan Wabup, pihaknya sangat mengapresiasi seluruh petani Ciamis karena sampai saat ini masih bisa bertahan dari hantaman pandemi Covid-19.

“Walau bagaimanapun dengan keberadaan petani secara umum Kabupaten Ciamis masih bisa bertahan dari hantaman pandemi Covid-19 dibandingkan dengan daerah lain,” katanya.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Ciamis tidak pernah minus, meskipun ada inflasi tapi tidak terlalu tinggi, hal tersebut dibuktikan dengan perolehan penghargaan terbaik ke-2 tingkat Provinsi Jawa Barat dengan kategori Kabupaten/Kota terbaik dalam pengendalian non inflasi, untuk itu Pemkab Ciamis harus lebih memperhatikan keberadaan petani.

“Penyerahan bantuan alat pertanian ini merupakan salahsatu bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah agar pertanian di Kabupaten Ciamis bisa lebih baik lagi,” jelasnya.

Yana berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat membantu kerja petani dan mendukung peningkatan produktivitas hasil pertanian serta memangkas biaya produksi pertanian di Kabupaten Ciamis.

”Alat pertanian yang di berikan ini harus benar-benar bermanfaat dan dapat menunjang hasil pertanian yang ada di Kabupaten Ciamis,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis, Slamet Budi Wibowo mengatakan dengan alat mesin pertanian diharapkan dapat mempersingkat waktu pengolahan tanah dan mempercepat penanaman serta dapat menghemat ongkos tenaga kerja.

Diungkapkannya melalui anggaran APBN tahun 2021, Dinas pertanian Ciamis mendapat alokasi alat mesin pertanian diantaranya traktor roda dua, cultivator, pompa air 6, pompa air 3 dan rice transplanter, untuk yang sudah ada dan akan di distribusikan hari ini yaitu 5 unit traktor, 3 unit cultivator dan 5 unit pompa air.

“Kami berharap para kelompok tani  dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya serta dapat membantu keberlangsungan budidaya pertanian di lingkungan kelompok tani masing-masing,” pungkasnya.
(Nank Irawan**)

News Feed