oleh

15 Kades Atau Kuwu Sekecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka Turut ke Jakarta Bersama Puluhan Ribu Kepala Desa Lainnya se-Indonesia

Buletin Indonesia News.com

Majalengka, — Ratusan kepala desa tersebut bertolak menuju Senayan pada Senin malam, 16 Januari 2023. Mereka akan menggelar aksi sebagai buntut tuntutan masa jabatan dari enam tahun menjadi sembilan tahun.Dikutip dari Radar Majalengka, Selasa (17/01/2023).

Sebanyak 15 kepala desa di Kecamatan Sumberjaya juga memilih untuk berangkat bersama ratusan kuwu se-Kabupaten Majalengka. Ketua I APDESI Kabupaten Majalengka, Dudung Abdullah Yasin mengungkapkan ada sekitar 200 kuwu yang bertolak dari Majalengka ke Jakarta.

“Alhamdulillah kami sudah tiba di Jakarta. Kami mengikuti aksi damai menuntut pemerintah dan DPR untuk menyempurnakan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa,” kata Dudung dihubungi, Selasa 17 Januari 2023.

Kades Panjalin Kudul merangkap Ketua Forum Kuwu Kecamatan Sumberjaya, menympaikan  dari puluhan ribu kepala desa di tanah air, dirinya menjadi salah satu perwakilan dari Majalengka untuk audiensi bersama puluhan kepala desa di gedung DPR RI.

“Kebetulan sebentar lagi mau audiensi, saya jadi salah satu perwakilan dari Majalengka. Nanti hasilnya kami sampaikan,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kuwu Bongas Wetan Mamat Saripudin menambahkan pihaknya memastikan jika keberangkatannya bersama ratusan kuwu lain ke Jakarta tidak menganggu pelayanan masyarakat di desanya.

“Untuk tidak mengganggu kinerja perangkat desa, pelayanan masih tetap berjalan, lain halnya dengan  kuwu lainnya di luar Kabupaten Majalengka, yang sebagian juga mengajak para perangkat desanya,” tegas nya.

“Pihaknya berharap aksi damai ini ditindaklanjuti oleh pemerintah dan DPR agar tuntutan penyempurnaan masa jabatan Kuwu dari enam tahun menjadi sembilan tahun segera diputuskan,” pungkas Mamat.