SMA Informatika Ciamis Gelar Pesta Demokrasi

Buletin Indonesia News

Ciamis,– Kamis (26/10/17). Ada yang unik dalam pelak­sanaan Pemilihan Ketua OSIS SMA Informatika Ciamis yang diadakan tiap satu tahun sekali ini, pasalnya pemili­han Ketua OSIS  ini begitu demo­kratis dan persis layaknya sebuah pemi­lihan umum Kepala Daerah. Pemilihan yang digelar dengan Tema One Click For Our Future diran­cang khusus untuk memper­kenalkan sis­­wa ten­tang Pemilu dan de­mokrasi.

Di Informatika, pemilihan ketua OSIS diadakan melalui beberapa tahap. Salah satunya adalah penyaringan calon oleh BPS (Badan Perwakilan Siswa) dan beberapa guru. Hal tersebut diutarakn oleh Koko Cahyana selaku Ketua BPS. Dia menyebutkan 2 calon pemilihan OSIS tahun ini telah melewati tahapan di atas.

“Sebelum jadwal pemilihan ketua OSIS, kandidat-kandidat Ketua OSIS yang pada tahun ini terdiri dari dua orang kandidat yaitu pertama Calon Ketua Gilang Ramadhan Yudapratama beserta wakilnya Wandi Kuswandi yang menamai grup mereka Android Marshmallow dan yang kedua Calon Ketua Islah Nur Fajar beserta wakilnya Ervan Firmansyah di grup Android Oreo. Mereka dipilih oleh Saya sendiri dan pendapat dari Guru lainnya,” pungkas Koko.

Untuk pembuka kegiatan pemilihan Ketua Osis 2017-2018 ini dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah SMA Informatika Ciamis H. Drs. Asep Dhana K,M.Pd didampingi Pembina OSIS Dadi Rusyadi S.Pd. Dalam sambutannya, Asep mengatakan bahwa pemilihan ini sebagai bentuk demokrasi di sekolah dan proses pembentukan generasi yang kuat.

“Sekolah menciptakan generasi muda yang demokrasi berdasarkan Pancasila sehingga menghasilkan pemilih yang bertanggungjawab bagi Sekolah Bangsa dan Negara untuk kalangan Pelajar,” jelas Asep.

Beragam visi misi disampaikan oleh para Calon untuk menarik simpati pemilih, yang terdiri dari siswa-siswi SMA Informatika Ciamis beserta Guru-Gurunya. Tiba di hari H pemi­lihan, benar-benar di konsep layak­nya Pemilu dengan dua Tem­pat Pe­mungutan Suara (TPS) yang terpisah dan dijaga ketat oleh panitia Pemilu yang terdiri dari pengurus OSIS tahun sebelumnya.

Ketua OSIS Alil Abdul Jalil berharap pemilihan OSIS berjalan lancar dan OSIS tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Saya berharap tahun yang akan datang OSIS SMA Informatika Ciamis bisa melengkapi dan memperbaiki program kerja yang belum terlaksana ataupun kurang dari OSIS sebelumnya,” ungkapnya.

Hasil akhir pemungutan suara dimenangkan oleh pasangan Android Oreo dengan perolehan suara 39% dan mengalahkan pasangan lain Android Marshmallow 35%.

Reporter : Yaniaap/Nispi*

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *