22 Orang Nakes RSUD Ciamis Terpapar Covid-19

22 Orang Nakes RSUD Ciamis Terpapar Covid-19

22 Orang Nakes RSUD Ciamis Terpapar Covid-19

CIAMIS, buletinindonesianews.com – Sebanyak 22 orang tenaga kesehatan (Nakes) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciamis terpapar Covid-19, hal itu dikatakan Direktur RSUD Ciamis, dr H. Rizali Sofiyan, MM dalam Press Rilis nya, Rabu (02/12/2020).

Diakuinya, memang telah terjadi paparan Covid-19 terhadap Nakes RSUD Ciamis, adapun yang terpapar tersebut bertugas di Instalasi Gawat Darurat (IGD), Instalasi Rawat Jalan, dan Instalasi Rawat Inap RSUD Ciamis dan di bagian Managemen.

“Ada 22 orang Nakes yang terpapar, mereka yang bertugas di bagian IGD, Instalasi Rawat Jalan, Instalasi Rawat Inap, Hemodialisa, Nifas dan bagian Management,” katanya.

Dikatakannya, tindakan yang telah dilakukan pihak RSUD Ciamis antara lain telah melakukan pemeriksaan test PCR Covid-19 dan tracking pada Nakes dari IGD, Instalasi Rawat Inap, Instalasi Rawat Jalan pada Senin (30/11/2020).

“Adapun hasil Pemeriksaan test PCR Covid-19 per Selasa, (01/12/2020) menyatakan sebanyak 22 orang Nakes RSUD Ciamis terkonfirmasi Covid-19,” ucapnya.

Dijelaskannya, ke-22 orang Nakes tersebut adalah, 12 orang di bagian Hemodialisa, 2 orang bagian IGD, 2 orang merupakan dokter IGD, 2 orang di bagian Nifas, 3 orang bagian rawat inap dan 1 orang bagian managemen semuanya merupakan Nakes RSUD Ciamis.

“Kami juga telah melakukan Dekontaminasi dan Sterilisasi di Ruang Hemodialisa setiap setelah melakukan tindakan hemodialisa, di Ruang IGD dan Ruang perawatan Nifas (Delima) Pada Senin (01/12/2020),” jelasnya.

Diungkapkan dr Rizali, Dekontaminasi adalah upaya mengurangi dan atau menghilangkan kontaminasi oleh mikroorganisme pada orang, peralatan, bahan, dan ruangan melalui disinfeksi dan sterilisasi dengan cara fisik dan kimiawi, sedangkan Sterilisasi adalah upaya untuk menghilangkan semua mikroorganisme dengan cara fisik dan kimiawi.

“Tindakan lain yang sudah kami lakukan adalah dengan mengisolasi semua Nakes yang terkonfirmasi Covid-19 di Ruang Wijaya Kusuma It 3 RSUD Ciamis,” ungkapnya.

Diucapkannya, pihaknya juga telah melakukan tracking paparan kemudian dilakukan Test PCR Covid-19 kepada sebanyak 86 orang Nakes pada bagian Struktural RSUD Ciamis, keperawatan, pelayanan, kepegawaian, keuangan, program, bagian umum, Nakes dari Instalasi Rawat Jalan dan Instalasi Rawat Inap.

“Untuk tindak lanjut penanganan kami juga akan melakukan Dekontaminasi dan Sterilisasi pada, Sabtu (05/12/2020) di Instalasi Rawat Jalan untuk itu pelayanan di Instalasi Rawat Jalan pada hari itu ditutup, tetapi untuk layanan lain buka seperti biasa,” pungkasnya.

(Nank)

Admin BIN