Ciamis Gelar Pilkades Serentak 12 Desember 2020

CIAMIS, buletinindonesianews.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sudah menyetujui penyelenggaraan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada tahun 2020 ini, hal itu diungkapkan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dalam acara Rapat Pembahasan Persiapan Pilkades Serentak, di Aula Adipati Kusumah Diningrat Setda Ciamis, (16/11/2020).

Dikatakannya, Pelaksanaan Pilkades serentak tersebut sesuai hasil keputusan kegiatan rapat virtual dengan Kemendagri dan Menteri kabinet lainnya pada tanggal 12 November 2020. Kabupaten Ciamis termasuk yang ke-19 kabupaten/kota di Indonesia yang disetujui oleh Kemendagri untuk melaksanakan pilkades serentak, untuk itu pihaknya mengaku telah mempersiapkan segalanya termasuk membentuk komite pengawas Pilkades serentak.

Mendagri menyetujui penyelenggaraan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kab. Ciamis pada tahun 2020 ini

“Alhamdulillah Ciamis merupakan salah satu kabupaten yang melaksanakan Pilkades serentak di tahun 2020 ini, untuk itu kami terus berkoordinasi dengan semua unsur Forkopimda, walaupun waktunya mepet tetapi intinya kami sudah siap untuk melaksanakan Pilkades serentak di Ciamis,” katanya.

Dikatakannya, sesuai dengan arahan Mendagri bahwa setiap kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkades serentak tahun 2020, harus membentuk komite pengawas, yang bertugas untuk mengawasi jalannya Pilkades dalam hal protokol kesehatan, dan harus terbentuk mulai dari tingkat kabupaten dan kecamatan, untuk itu pihaknya menghimbau agar pelaksana Pilkades serentak agar semua tempat pemungutan suara (TPS) harus sesuai dengan protokol kesehatan.

“Di TPS itu harus ada penyemprotan disinfektan, menyediakan obat-obatan, tenaga kesehatan, tempat cuci tangan, para petugas TPS dan masyarakat yang hadir juga harus mempedomani protokol kesehatan,” terangnya.

Bupati menambahkan, di Kabupaten Ciamis, sebanyak 27 kecamatan dan 143 desa akan melaksanakan Pilkades serentak yang rencananya dilaksanakan pada (19/12/2020), sedangkan di Indonesia yang akan melaksanakan pilkades serentak sebanyak 416 kabupaten/kota.

“Untuk melaksanakan Pilkades serentak berbagai tahapan harus dipenuhi oleh penyelenggara, Alhamdulillah kami sudah memenuhi semua tahapan itu, hanya tinggal menunggu waktu pencoblosan nya saja,” tegasnya.

Dijelaskannya, tahapan yang harus dipenuhi oleh kabupaten/kota yang melaksanakan pilkades serentak diantaranya, pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker yang benar, tidak melakukan kontak fisik, tidak berkerumun, adanya tempat cuci tangan, penyemprotan disinfektan di TPS, penyediaan obat-obatan dan tenaga kesehatan, para pemilih dan petugas yang hadir harus memakai sarung tangan dan membawa alat coblos sendiri.

Bupati juga mengingatkan agar panitia pelaksanaan Pilkades serentak untuk segera melakukan pendataan daftar pemilih tetap (DPT) ulang, agar tidak terdapat pemilih ganda, ada warga yang pindah, meninggal, dan lainnya.

“Penyelenggaraan Pilkades di Ciamis sudah sesuai dengan Undang-undang, Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) yang berlaku,” pungkasnya.

(Nank)

Admin BIN