oleh

 73.715 Warga Ciamis Terdaftar Sebagai Calon Penerima Bantuan STB

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Pemerintah secara bertahap telah menonaktifkan siaran televisi analog dan pemerintah juga terus mensosialisasikan tentang pergantian siaran televisi dari siaran analog menuju siaran digital, termasuk di kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Pemerintah memberikan bantuan berupa set top box (STB) gratis untuk mendukung peralihan tersebut. Diketahui sebanyak 73.715 warga Ciamis terdaftar sebagai calon penerima bantuan STB tersebut.

“Kami menerima data dari pemerintah pusat berisi daftar calon penerima bantuan STB. Kemudian kami melakukan verifikasi dan validasi data. Hasilnya ada 73.715 warga yang berhak menerima bantuan STB,” ucap Kepala Diskominfo Ciamis, Tino Armyanto, Selasa (3/1/2023).

Tino mengatakan, penerima bantuan STB tersebut memakai data dasar dari rumah tangga miskin menurut Program Pensasaran Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE). Diskominfo Ciamis juga bekerjasama dengan DPMD Ciamis dan desa unutk memvalidasi data tersebut.

“Jadi desa melakukan verifikasi dan validasi berdasarkan data tersebut. Sehingga penerima bantuan STB untuk penerimaan siaran televisi tepat sasaran,” ujar Tino.

Adapun kriteria penerima bantuan STB yaitu rumah tangga miskin, kepemilikan pesawat televisi analog melalui siaran terestrial televisi digital, lokasi rumah berada di lokasi siaran dan kesediaan menerima dan memanfaatkan bantuan STB.

“Bantuan STB itu untuk satu rumah RTM per satu unit,” katanya.

Tino berkata, data calon penerima STB telah diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri. Dari data tersebut, Kecamatan Cipaku merupakan kecamatan yang paling banyak menerima bantuan STB yaitu sebanyak 5.009 unit. Sedangkan Kecamatan Sukamantri merupakan kecamatan yang paling sedikit menerima bantuan yaitu sebanyak 1.404 unit.

“Kami sudah menyerahkan data penerima bantuan pada bulan November kemarin hasil verifikasi dan validasi. Namun turunnya kapan bantuan itu, kami masih menunggu petunjuk dari pusat,” tuturnya.