oleh

Agus Gustaman Terpilih Jadi Ketua PGRI Cabang Kecamatan Ciamis

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Kecamatan Ciamis menggelar Konferensi Cabang (Koncab) sekaligus pemilihan pengurus baru untuk masa bhakti ke XXII tahun 2021-2025, di Rumah Makan Lesehan Benlih, Kelurahan Benteng Ciamis, Minggu (19/12/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memilih sekaligus melantik ketua dan kepengurusan PGRI Cabang Kecamatan Ciamis yang baru. Wakil Ketua 2 PGRI Kabupaten Ciamis, Edi Rusyana (Apih) mengatakan, Koncab yang digelar PGRI Cabang Kecamatan Ciamis berjalan aman, lancar dan sudah sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi serta ketentuan lainnya.

Wakil Ketua 2 PGRI Kabupaten Ciamis, Edi Rusyana (Apih).

“Walaupun nuansanya beda, dalam artian dalam Koncab ini lebih mengedepankan suasana yang akrab dan kekeluargaan tetapi disetting sesuai konteks ketentuan organisasi,” katanya.

Dijelaskan Edi, Koncab ini telah menghasilkan beberapa hal yang menyangkut administrasi persyaratan kelengkapan organisasi dan personalnya sudah terbentuk dan itu normatif dan terpilih pengurus baru yang lebih muda, milenial, lebih siap serta sangat tepat berada di PGRI.

“Berada di PGRI itu pilihan mereka, walau banyak organisasi profesi guru yetapi mereka lebih memilih di PGRI untuk berjuang menjaga marwah PGRI,” jelasnya.

Menurut Edi, PGRI Cabang Kecamatan Ciamis tersebut disiapkan menjadi motor barometer karena letaknya berada di daerah perkotaan, hal ini yang menjadi tantangan buat mereka para pengurus baru. Sebenarnya siap tidaknya mereka, jangan dilihat sekarang tetapi lihat selanjutnya kerja mereka seperti apa, hanya waktu yang menentukan kesiapan mereka.

“Mari kita dorong, motivasi, dan evaluasi kerja mereka bersama, satu keberhasilan itu ujung-ujungnya kebermanfaatan baik buat diri sendiri, keluarga, organisasi dan orang lain,” ucapnya.

Diungkapkannya, sesuai dengan tupoksi PGRI harus bermitra dengan Dinas Pendidikan untuk menggerakan para guru bagaimana supaya menjadi agen perubahan. Dengan dilantiknya kepengurusan baru tersebut diharapakan bisa membawa guru kearah perubahan.

“Guru bisa menjadi teladan, panutan, menjadi orang yang bermartabat dan berkelas. Sehingga kehadiran PGRI dan para guru di Ciamis bisa menjadi panutan bagi siswa, orang tua dan masyarakat. Alhamdulillah PGRI mendapat atensi positif dari masyarakat termasuk dari media,” harapnya.

Sementara itu Ketua PGRI Cabang Kecamatan Ciamis masa bhakti ke XXII tahun 2021-2025, Agus Gustaman mengucapkan terima kasih kepada semua anggota PGRI Kecamatan Ciamis yang telah memberikan kepercayaan dan amanah kepadanya untuk memimpin PGRI Cabang Kecamatan Ciamis lima tahun kedepan.

“Saya akan mengutamakan solidaritas, soliditas dan sinergitas antara pengurus juga semua anggota PGRI Cabang Ciamis ini,” katanya.

Menurut Agus, pihaknya akan melanjutkan program yang sudah dilaksanakan oleh periode sebelumnya dan melaksanakan apa yang dihasilkan dalam konferensi, membenahi intern organisasi dan kesekertariatan.

“Insya Allah dalam waktu dekat kami akan menggelar musyawarah untuk membenahi kepengurusan baru ditingkat ranting. Program yang paling dekat mungkin saya bersama pengurus lainnya akan membenahi organisasi di bawahnya yaitu kepengurusan ranting karena sama sudah habis juga masa bhakti nya,” jelasnya.

Dijelaskannya, PGRI merupakan organisasi yang berhubungan langsung dengan guru, kaum intelektual, untuk memberikan inovasi yang akan dilaksanakan ke depannya. Agus juga mengucapkan terimakasih kepada semuanya sehingga Koncab tersebut berjalan lancar.

Kegiatan tersebut berjalan aman, lancar dan kondusif juga tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat untuk menghindari penyebaran Covid-19. (Nank Irawan**)

News Feed