Akibat Luapan Sungai Citonjong, Wilayah Cimanggu Cikalong Sindamulih Terjadi Banjir dan Longsor

Akibat Luapan Sungai Citonjong, Wilayah Cimanggu Cikalong Sindamulih Terjadi Banjir dan Longsor

BINews

Pangandaran – Akibat intensitas hujan tinggi yang terjadi beberapa hari ini mengakibatkan sejumlah lokasi diwilayah Kabupaten Pangandaran terjadi bencana alam. Mulai dari tanah longsor, banjir bandang hingga banjir.

Salah satunya terjadi di wilayah Dusun Cimanggu, Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran. Diwilayah ini terjadi banjir akibat dari hujan dan luapan sungai Citonjong.

Kapolsek Sidamulih Iptu Asep Setiawan Prayatna, bersama Kabit Binmas Aiptu Samidin dan Bhabinkamtibmas Desa Cikalong siaga banjr

Mengetahui tersebut, Kapolsek Sidamulih Iptu Asep Setiawan Prayatna, bersama Kabit Binmas Aiptu Samidin dan Bhabinkamtibmas Desa Cikalong Aiptu Unang melakukan kegiatan evakuasi banjir. Ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian Polri kepada masyarakat selaku pengayom, pelayan dan pelindung masyarakat.

“Bencana banjir ini terjadi musiman karena setiap musim penghujan tiba luapan sungai Citonjong mengakibatkan genangan hingga kejalan. Pada pagi hari tadi sekitar pukul 07.00 WIB ketinggian air mencapai 1 meter,” tutur Kapolsek Sidamulih saat ditemui disela-sela kehiatan evakuasi, Selasa (27 Oktober 2020) pagi.

Selain evakuasi, Kapolsek mengungkapkan pihaknya juga melakukan penyediaan sarana air bersih. Ini dilakukan untuk membantu korban mencukupi kebutuhan air bersih harian.

“Polsek Sidamulih bersama Muspika Kecamatan Sidamulih dan unsur terkait lainnya menyediakan sarana air bersih untuk 270 orang dari 95 kepala keluarga. Air bersih ini ditampung menggunakan water turn isi 5.000 liter. Semoga air bersih ini dapat bermanfaat dan bisa digunakan secara maksimal oleh ratusan warga,” tandasnya.

(Asjen/Humas Polres Ciamis)

Admin BIN