oleh

Aksi Ibu Beri Bayi Kopi Gegerkan Warganet

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA,- Belum lama ini, pengguna Tiktok kembali dihebohkan oleh sebuah video yang menampilkan seorang ibu yang memberikan kopi instan saset kepada bayinya. Alasan sang ibu memberikan minuman tersebut adalah karena kopi yang diberikan mengandung susu sehingga bisa menggantikan peran susu formula.

Video yang viral itu langsung memancing hujatan dari para warganet. Dokter Juwalita Surapsari, M Gizi, SpGK, dokter spesialis gizi klinik di RS Pondok Indah juga ikut menjelaskan kopi instan pada dasarnya memang bukan minuman yang diberikan untuk bayi.

“Kita harus membedakan antara susu dengan produk mengandung susu. Kandungan protein dari produk mengandung susu tidak bisa dianggap setara dengan susu. Ada produk susu segar, ada produk yang mengandung susu, seperti kopi itu,” ucapnya dikutip dari detikhealth, Selasa (24/1/2023).

Efek samping yang diakibatkan dari perbuatan itu adalah gangguan sistem pencernaan pada sang bayi. Diketahui bayi tersebut sudah melakuakan Buang Air Besar (BAB) sebanyak sembilan kali dalam sehari usai mengonsumsi kopi instan saset.

Selain efek yang sudah disebutkan, produk olahan kopi yang memang mengandung banyak gula bisa meningkatkan risiko obesitas pada bayi. Tingkat kafein yang terbilang cukup tinggi juga bisa membuat bayi mengidap masalah kesehatan yang fatal jika terus menerus diberikan.

“Kafein sifatnya adalah stimulan untuk jantung. Kita tidak tahu apakah setelah itu anak ini jadi berdebar-debar, menjadi cemas atau agitated namanya, jadi lebih cemas,” ujar dr. Juwalita.

Intinya bukan masalah susu yang terdapat di dalam kopi, tapi nutrisi dan efek yang akan diterima oleh bayi tersebut. Maka dari itu, para ahli medis memberikan saran kepada seluruh orang tua supaya lebih bijak dalam memilih Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang sehat dan seimbang saat bayi sudah berusia 7 bulan.