Antisipasi Flu Burung, Pemkab Pangandaran Ajukan 20 Ribu Vaksin ke Pemprov Jabar

Buletin Indonesia News.com

PANGANDARAN, Jabar – Pemerintah Kabupaten pangandaran melakukan antisipasi terkait ditemukannya sejumlah kasus flu burung di sejumlah daerah di Provinsi Jawa Barat.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Pangandaran, Suryadi berkata bahwa saat ini pihaknya telah mengajukan distribusi vaksin avian influenza (AI) ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Setelah disetujui, pihaknya akan melakukan vaksinasi unggas yang berada di sekitar Pangandaran.

“Selama ini program vaksinasi flu burung belum optimal, karena selama ini belum ada kejadian. Karena ada peningkatan kewaspadaan, kami mengajukan untuk vaksin ke provinsi,” ucap Suryadi, Rabu (8/3/2023).

Suryadi menuturkan, sekitar 20 ribu dosis vaksin telah diajukan ke Pemrov Jabar. Satu unggas akan diberikan satu dosis vaksin AI.

“Soalnya di Pangandaran juga banyak unggas, terutama ayam petelur dan pedaging,” ujar Suryadi.

Suryadi menambahkan, pihaknya juga akan memperketat biosekuriti unggas. Ia berharap, dengan adanya vaksin ini dapat mencegah penyebaran flu burung di Kabupaten Pangandaran.

“Sejuah ini masih aman. Mudah-mudahan tidak ada kasus,” kata Suryadi.

Sebelumnya, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Pangandaran mengeluarkan edaran yang berkaitan dengan penyebaran penyakit flu burung. Dalam edaran tersebut juga terdapat tindakan umum yang dilakukan proses biosekuriti.

Dalam proses biosekuriti terdapat beberapa tahapan yakni:

1. Melakukan pengawasan keluar masuk hewan, terutama ungags

2. Melakukan vaksinasi

3. Melakukan depopulasi di sekitar daerah tertular

4. Meningkatkan kesadaran masyarakat terkait flu burung

5. Melakukan pemantuan secara rutin terhadap unggas.