oleh

Apa Itu Non-biner?

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Non-binary alias non-biner atau bisa disebut juga gender netral adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan seseorang yang tidak mengidentifikasi dirinya secara eksklusif sebagai laki-laki atau perempuan.

Orang-orang non-biner juga sering disebut dengan istilah seperti agender, androgini, dan genderqueer. Mereka (orang non-biner) merasa bahwa identitas dan pengalaman gendernya memiliki sifat yang berubah-ubah.

Dalam hal ini, orang yang mengindentifikasi diri sebagai non-biner jelas memiliki perbedaan dengan transgender. Transgender adalah orang yang tidak dapat mengidentifikasi jenis kelamin yang telah ditetapkan secara biologis atau sejak lahir.

Jadi, rata-rata seorang transgender memilih untuk mengubah penampilannya menjadi gender tertentu. Adapun beberapa sebutan untuk orang-orang non-biner di antaranya demigender yang meliputi demiboy, demigirl, dan demifluida.

Adapun kata ganti orang pertama dalam Bahasa Inggris yang kerap digunakan untuk orang-orang non-biner adalah they atau them.