oleh

Apresiasi Peluncuran Buku Panduan Pendamping Kreasi Fesyen Modest Bersama Sandiaga Uno

Buletin Indonesia News.com

BEKASI, Jabar – Buku Panduan Pendamping Kreasi Fesyen Modest di luncurkan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf / Baparekraf) untuk para pelaku ekonomi dan kreatif (ekraf) Indonesia. Buku ini diluncurkan secara hybrid di Harris Summarecon Bekasi, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Dalam pernyataan Sandiaga Salahuddin Uno, Menparekraf / Kabaparekraf lewat video tapping memaparkan, salah satu kunci penting dalam kemajuan sektor fesyen modest adalah pendamping kreator fesyen modest. Ia pun menyambut baik dan mengapresiasi peluncuran Buku Panduang Pendamping Kreasi Fesyen Modest.

“Strategi pendampingan yang tepat dan sesuai dengan ekosistem fesyen modest Indonesia sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas kreasi produk, semua yang terlibat diharapkan dapat terarah sehingga mampu menaikkan nilai rantai ekonomi kreatif fesyen modest Indonesia,” ucap Manparekraf Sandiaga.

Selain itu, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam, Perwakilan dari Sekretaris Jenderal Kementrian Perindustrian, Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen Kemenparekraf Yuke Sri Rahayu dan Tim Penyusun Buku, Ratna Dewi Paramita juga turut hadir di lokasi acara peluncuran.

Muhammad Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf memaparkan, buku ini disusun untuk memandu para pendamping dan penyelenggara pendampingan mengelola program yang berfokus pada kreasi fesyen modest.

“Pendampingan fesyen modest diharapkan dapat dilakukan dengan lebih terarah sehingga dapat menciptakan kreasi unggul yang mampu meningkatkan rantai nilai kreatif dan ekonomi, serta mengaktifkan ekosistem terkait melalui strategi yang tepat. Panduan ini juga dilengkapi buku saku yang praktis,” jelasnya.

Buku yang berisikan 73 halaman ini disusun berdasarkan Hasil Riset Tim Penyusun Naskah Panduan Pendamping Fesyen Modest tahun 2020-2021, merujuk pada Roundtable Fesyen Modest yang berlangsung pada tahun 2020, Meeting Series Fesyen Modest yang berlangsung delapan kali selama Agustus sampai November 2021, Diskusi Terpumpun dan Uji Petik tahun 2022 bersama berbagai pemangku kepentingan fesyen modest.