oleh

Awas Jual Beli Online Digunakan Untuk Modus Penipuan

-Ciamis-103 views

Buletin Indonesia News

Ciamis,– Jual beli Online begitu ngetren diera digital sekarang ini, disamping mudah dalam jual beli barang online, pemesan jangan lupa memperhatikan barang dan agent yang sebenarnya, karena banyak kasus penipuan melalui jual beli barang online tersebut.

Media sosial seperti Instagram saat ini merupakan salah satu media sosial yang paling sering digunakan banyak orang, terutama di Indonesia. Dalam pribahasa ada gula ada semut, dimana ada tempat ramai disitu pula ada pedagang, tidak terkecuali di Instagram. Mungkin tidak sedikit diantara pengguna internet yang suka berbelanja online di Instagram.

Namun kini ada baiknya kita lebih berhati-hati dalam berbelanja online, baru-baru ini Yan  sudah tertipu dalam jual beli barang online dengan modus baru di Instagram. Dengan nama akun online shop yang mengaku punya toko offline (toko sungguhan di dunia nyata).

Toko offline yang dimanfaatkan pelaku menawarkan barang-barang menggunakan media sosial untuk menjangkau pembeli, dengan mencantumkan alamat dan foto toko layaknya toko sungguhan, padahal bukan milik dia,  si online shop.

Dikatakan April dengan janji-janji manis Dia mempromosikan harga yang lebih murah ketimbang di toko, padahal harga dress di tokonya Rp. 175.000,-/pcs. Dia meminta untuk mempercepat melakukan pembayaran via transfer karena dijanjikan harga murah Rp. 100.000,-/pcs, mendapatkan dua pcs, di tambah bonus, dengan modus beli dua gratis satu, dengan dalih untuk menunggu barang yang dikirim lewat JNE.

“Uang tersebut diminta langsung kirim lewat transfer ke No Rekening BRI atas nama Iman Nurachman 329601015665530, dengan alasan orang yang memegang nomor Rekening tersebut berada di luar Daerah transfer dipending. Tapi tidak lama kemudian menyuruh cepat-cepat mentransfer uangnya ke nomor Rekening BRI atas nama Rio Rinaldi 010401006197538, sesuai chatingan di BBM , uang pun sudah ditransfernya ke norek itu,” terang korban dengan nada kesal.

Dengan tiba-tiba juga akun di Instagran dan BBMnya di blokir/hapus, oleh orang pemilik akun tersebut. “Aduh gimana ko di hapus dalam IG dan BBM, dirinya baru sadar bahwa sudah tertipu di jual beli online,” cetusnya.

Ditambahkan April bagi siapa saja yang dichat oleh online shop di Instagram ShasaQueen, sekarang bergani nama menjadi _queencollection18 ataupun BBM DE3D8A61 jangan pernah dipercaya karena itu penipuan!!!, tegasnya.

Reporter : Yani Apriyani

Komentar

News Feed