oleh

Balon Bupati Ciamis 2018 Belum Menyentuh Dunia Pendidikan

-Ciamis-97 views

Buletin Indonesia News

CIAMIS,– Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Ciamis tahun 2018 sejumlah sosok pemimpin yang ingin mengabdikan diri untuk rakyat sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat.

Nama-nama yang tak asing seperti H. Herdiat, Yana D. Putra, Nanang Permana, Oih Burhanudin, Anjar Asmara, dan H. Iing Syam Arifin tidak hanya Kita dengar saja melainkan dapat Kita lihat di sejumlah ruas jalan, telah terpampang foto mereka. Tak hanya itu, para Bakal Calon (Balon_ Red) ini juga sudah blusukan ke desa-desa untuk mendapatkan simpati masyarakat.

Pantauan Wartawan di Lapangan, para Balon Bupati ini mencari simpati masyarakat dalam bentuk kegiatan sosial seperti Bakti Sosial bagi keluarga tidak mampu, orang sakit dan bantuan untuk kegiatan-kegiatan olahraga.

Namun, sangat di sayangkan hingga saat ini belum ada yang menyentuh dunia pendidikan.

Ketua Umum Komunitas L-Trail Adventure Ciamis, Agus Firman, Jumat (3/11/17) mengatakan dunia pendidikan harus benar-benar di perhatikan, terutama dalam hal pembentukan karakter dan pengembangan ilmu.

“Yang Saya tahu selama ini banyak kandidat yang blusukan ke masyarakat namun lebih kepada seremonial. Ingin rasanya dunia pendidikan juga di perhatikan karena sangat berpengaruh untuk generasi Ciamis berikutnya. Kalaupun dikatakan (para Balon Bupati) belum waktunya, namun mereka sudah mendahului dengan kegiatan sosialisasi secara blusukan di masyarakat. Jadi, apa salahnya generasi penerus kita juga diperhatikan,” harap Agus.

Sementara itu, akademisi Universitas Galuh, H. Aan Sihabudin Anwar, SH., S.IP., M.Si menjelaskan dunia pendidikan memang seharusnya di perhatikan. Para calon pemimpin Ciamis harus bisa membangun generasi, baik dari ilmu akademiknya sampai ke pembentukan karakter.

“Kenapa Saya mengatakan ini, zaman sekarang adalah era dimana segalanya serba maju dan canggih. Tentunya, hal itu harus di imbangi dengan ilmu kependidikan dan juga pendidikan karakter. Kalau para calon pemimpin menutup mata dengan itu, tentunya kita, terutama Ciamis akan jauh ketinggalan dan bisa mengkibatkan kesenjangan sosial,” papar Aan yang juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Galuh.

Dia menambahkan, untuk dunia pendidikan saat ini memang sudah ada birokrasinya melalui Dinas Pendidikan, namun setidaknya para Balon Bupati juga harus memberikan perhatian seperti apa nantinya kalau sudah sah menjadi pemimpin (Ciamis_Red).

“Anak-anak dari jenjang SD, SMP/MTs, SMA/SMK, tingkat pesantren bahkan hingga ke Perguruan Tinggi, sesungguhnya membutuhkan perhatian Kita. Nasib Ciamis ke depan ada di tangan mereka, jadi dari sekarang harus Kita berikan perhatian dari sisi kependidikan dan pembentukan karakter. Hal itu, terlepas dari sisi pembangunan ekonomi,” papat Aan saat ditemui di ruang kerjanya.

Reporter : Yani Apriyani/Nispi

Komentar

News Feed