oleh

Banjir Genangi Rumah Warga Cidolog Ciamis

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Air luapan Sungai Ciseel sebabkan banjir di Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Rabu (9/11/2022).

Luapan Sungai Ciseel terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut dan terdapat ratusan rumah warga yang terkena dampak luapan sungai tersebut.

Camat Cidolog Agus Yani berkata, banjir luapan Sungai Ciseel menerjang 5 dusun, yakni Dusun Ciparay, Pabuaran, Dusun Beti, Tambaksari dan Dusun Gunungsari. Air luapan Sungai Ciseel mulai naik dan membanjiri rumah warga sekitar pukul 18.00 WIB sampai tengah malam.

“Banjir terjadi di beberapa titik dusun. Seperti di Dusun Ciparay sebanyak 95 rumah terdampak, Dusun Pabuaran ada 10 rumah, Dusun Beri ada 7 rumah dan Dusun Gunungsari sebanyak 139 KK terisolir,” ucap Agus Yani dikutip detikJabar, Kamis (10/11/2022).

Agus menjelaskan, kondisi Sungai Ciseel sudah tersedimentasi. Sehingga, apabila curah hujan tinggi, akan terjadi luapan Sungai Ciseel hingga ke permukiman warga.

“Ketinggian air sekitar 60 sentimeter sampai 1 meter. Terjadi semalaman saat volume air deras, sekarang sudah berangsur surut,” ungkapnya.

Banjir luapan Sungai Ciseel ini memang tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, membuat ratusan rumah warga tergenang banjir dan membuat sejumlah barang milik warga mengalami kerusakan.

BPBD Ciamis, Tagana Ciamis, dan TNI-Polri turun ke lokasi kejadian untuk membantu mengevakuasi warga “Alhamdulillah sekarang sudah mulai surut, warga pun mulai kembali ke rumahnya masing-masing untuk membersihkan lumpur dari rumah,” ujar agus.

Agus berkata, yang paling dibutuhkan warga saat ini adalah air bersih. Mengingat sumur-sumur yang berada disana juga ikut terendam banjir. “Kami mengimbau warga sementara tidak menggunakan air sumur untuk konsumsi. Dan diberikan kaporitsasi sumur yang terdampak,” jelas Agus.