oleh

Bawaslu Bangka Mendata Pemilih Pemula Pemilu 2024

Buletin Indonesia News.com

Sungailiat Bangka, — Bawaslu Kabupaten Bangka sosialisasi partisipatif “Peranan organusasi dan media dalam pengawasan partisipatif pada Pemilu serentak pada tahun 2024 yang dilaksanakan di Tanjung Pesona Sungailiat, Jum’at (11/11/2022).

Corri Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka mengatakan “Usai membuka sosialisasi , Pengurus Bawaslu Kabupaten Bangka, saat ini melakukan pendataan bagi pemilih pemula. Sehingga kita dapat memetakan jumlah pemilih pemula di Pemilu 2024, di Kabupaten Bangka. Pasalnya pemilih pemula ini penting,” ujarnya.

“Bahwa kegiatan kali ini difokuskan untuk merangkul kaum milineal dan sasaran ke pemilih pemula. Kemudian giat berikutnya kita baru masuk ke subtansinya, tentang pengawasan. Diakui bahwa Bawaslu belum tahu data jumlah pemilih pemula, karena masih dalam pendataan, dan data ada di KPU, finalnya pendataan nanti. Sebab bagi pemilih pemula yang sekarang berusia 16 tahun, nanti di tahun 2024 sudah bisa memiliki hak pilih,” jelasnya.

Ditambahkan Corri, maka giat sekarang ini difokuskan pada pemilih pemula, jangan sampai pemilih pemula nanti dalam pemilu 2024, salah mendata dengan hak-hak yang dimiliki untuk memilih. Kemudian pemilih pemula dalam menggunakan media sosial, jangan sampai tidak tau aturan.

Lanjutnya “Sebab berkampanye di media sosial itu juga ada aturan nya. Ada etika dan tata krama, sehingga tidak memunculkan persoalan serius, maka giat sekarang ini, kita juga mendatangkan nara sumber yang berkompeten dalam penanganan media sosial. Sehingga para pemilih pemula tahu, batasan-batasan kampanye di media sosial,” ungkapnya.

Corri juga berharap kepada peserta yang hadir, “Adik-adik pelajar tingkat SMA dan tingkat perguruan tinggi serta kelompok-kelompok organisasi pemuda, setelah giat ini selesai, diminta untuk memberikan informasi ke pemilih pemula yang lain.Apa yang didapat dalam giat Bawaslu hari ini, tolong sampaikan kepada yang lain. Sebab tidak semua yang diundang dalam giat sosialisasi ini, karena keterbatasan anggaran,” kata Corri.

(WAWAN)