oleh

Berapa Usia yang Tepat untuk Anak Sekolah? Berikut Aturan dari Permendikbud

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA,- Selain di rumah, sekolah juga menjadi salah satu tempat belajar bagi anak-anak. Karena disana mereka bisa mulai belajar bersosialisasi dan bertemu dengan teman sebayanya. Hanya saja, masih banyak orang tua yang kebingungan tentang umur yang tepat untuk memasukan anak ke sekolah.

Dilansir dari situs sekolah BPK Penabur, Jumat (20/1/2023), American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berkualitas menjadi sangat penting dalam perkembangan dan proses pembelajaran anak. Karena dari sana, anak akan berkenalan dengan angka, huruf, bentuk dan warna.

Selain itu, perkembangan sosial dan emosional anak juga akan terlatih saat sedang bermain. Anak juga sudah belajar untuk berbagi dan ikut serta di aktivitas kelompok. Jadi, umur berapa anak harus dimasukkan ke sekolah?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Amerika Serikat, Pendidikan prasekolah adalah tempat belajar untuk anak-anak yang berusia 3-5 tahun. Tetapi beberapa orang tua juga mulai memasukan anak ke PAUD di umur 2,5-3 tahun.

Setelah melewati masa prasekolah, anak-anak akan melanjutkan ke jenjang sekolah dasar (SD). Psikolog sekaligus Dosen Universitas Indonesia (UI), Rose Mini Agoes Salim, M.Psi., mengatakan kematangan sekolah ternyata tidak dilihat dari usia. Karena menurutnya, ada yang usianya 5 tahun dan sudah matang, ada yang baru 6 tahun, bahkan ada juga yang 7 tahun.

“Kalau stimulasi bagus anak pasti matang ke sekolah. Kenapa usia 7 tahun matang karena itu diambil pada usia kematangan rata-rata,” ucapnya.

Hanya saja, untuk melihat patokan di Indonesia, usia masuk SD sudah diatur dalam Permendikbud Nomor 51 tahun 2018 tentang PPDB TK, SD, SMP, SMK dan SMK.

Dalam Pasal 7 ada aturan yang berbunyi:

  1. Persyaratan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD berusia:
  2. 7 (tujuh) tahun; atau
  3. Paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.
  4. Sekolah wajib menerima peserta didik yang berusia 7 (tujuh) tahun.
  5. Pengecualian syarat usia paling rendah 6 (enam) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b yaitu paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.
  6. Dalam hal psikolog profesional sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak tersedia, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru sekolah.