oleh

Berawal dari Kecintaannya Terhadap Fashion ByNeeth Sukses Tembus ke Negri Jiran

Buletin Indonesia News.com

BANDUNG, Jabar- Kota kembang merupakan kiblat fashion tanah air. Karena di kota ini, tidak terhitung berapa banyak usaha yang bergerak di bidang fashion.

Seperti ByNeeth atau bisa kita baca Bay-Neth telah dirintis sejak tahun 2019 di Bandung. Brand ini diciptakan dengan mendesain dan memproduksi secara mandiri di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Tanpa membidik gender, ByNeeth menyasar pasaran anak muda dengan menyajikan desain yang unik dan colorful.

Founder ByNeeth, Nethanya Kirana tidak pernah menyangka selera dan hasratnya dalam membuat pakaian untuk dirinya sendiri justru menjadi kesukaan khalayak ramai. Setelah 3 tahun merintis bisnis, Netha bisa mempekerjakan 35 orang. Akun instagramnya pun sudah mencapai 235 ribu orang.

“Sebetulnya usaha ini adalah solusi dari problem aku. Sebelumya aku nggak pake kerudung dan suka outfit yang colorful dan lucu-lucu. Nah sampai akhirnya aku berkerudung, tapi bingung pilih outfit-nya. Aku belum bisa menemukan brand dengan koleksi lucu-lucu untuk yang berhijab,” kata Netha.

Semuanya berawal dari kebimbangannya dalam menentukan style saat berkerudung, maka dia memutuskan untuk membuat pakaiannya sendiri sesuai selera. Dia juga memaparkan bahwa dulu blum banyak brand lokal yang menjual pakaian dengan konsep colorful.

“Jadi aku memutuskan untuk bikin brand sendiri. Makanya ByNeeth lebih banyak memainkan warna-warna dan pattern yang lucu-lucu. Desainnya dari aku, inspirasinya mostly dari aku pengen style yang kayak gimana, lihat Pinterest, referensi dari intern yang sudah ada, sama kadang open request ke followers aku kira-kira mereka lagi suka yang seperti apa sih?” papar mahasiswi Universitas Katolik Parahyangan.

Dengan desain yang colorful dan harga menengah, yaitu berkisar Rp. 150.000 sampai Rp. 279.000, brand yang dibuat Netha ini disukai oleh banyak orang. Bahkan produk-produkk ByNeeth ini bisa melejit di pasaran.

Ada pun dua produk andalan yang di jagokan oleh ByNeeth antara lain Flowy Wide Pants dan Brookat Shirt. Kedua produk ini laris manis karena kemungkinan tren tahun depan tidak akan jauh-jauh dari vibrant colors dan kain bertekstur.

Yang paling membuat Netha terkesan adalah saat dirinya dan tim mendapatkan orderan dari Negeri Jiran. Ia sama sekali tidak menyangka bahwa brandnya dapat terdengar oleh negara tetangga.

“Waktu pertama kali dapat orderan dari luar negeri itu jujur seneng dan kaget banget. Waktu itu bisa buka Shopee Malaysia dan Singapura bukan dari ByNeeth yang approach, tapi Shopee yang ngebuka. Jadi dikasih tahu kalau sekarang sudah bisa jangkau Shopee Malaysia dan Singapura, waktu tahu ya kaget banget ternyata ada orang luar negeri yang notice brand ini,” ceritanya menggebu.

Netha juga menambahkan bahwa permintaan pasar Shopee di Malaysia cukup tinggi, karena beberapa warga Malaysia menyebutkan bahwa alasan belanja merek Indonesia adalah karena lokal brand ditempatnya tidak ada yang lucu.

Di akhir, dia membongkar kunci usahanya yang dalam sehari bisa mendapat puluhan bahkkan ratusan orderan sekaligus.

“Kuncinya itu konsisten. Sejak dulu aku nggak pernah sekali pun skip bikin story dan jualan. Kemudian yang kedua yang membuat ByNeeth jadi pop up itu kebetulan bisa menciptakan tren warna-warni, jadi cobalah untuk berani. Coba menggunakan warna yang jarang ada di brand lain,” ucapnya sekaligus menjadi penutup.