Berikut 5 Makanan yang Bisa Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah di Jantung

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar- Salah satu penyakit mematikan yang ada di Indonesia adalah penyakit jantung. Global Burden of Disease dan Institute for Health Metrics and Evolution (IHME) menyebutkan jika penyakit jantung menduduki peringkat kedua sebagai penyebab kematian terbanyak di tahun 2019.

Penyakit jantung sendiri biasanya disebabkan oleh penyumbatan yang terjadi di pembuluh arteri, maka dari itu aliran darah menuju jantung tidak mengalir dengan sempurna atau dalam bahasa medisnya disebut aterosklerosis.

Untuk menghindari aterosklerosis, dibutuhkan pola hidup yang baik. Melansir dari beberapa sumber, inilah makanan-makanan yang dapat mencegah penyumbatan arteri:

  • Ikan

Jenis ikan seperti salmon, tuna, tenggiri dan ikan sarden bisa membantu untuk membersihkan pembuluh darah. Kandungan asam lemak omega-3 yang ada di dalamnya bisa meningkatkan kolesterol baik menurunkan kadar trigliserida, dan juga mencegah peradangan pada pembuluh darah.

  • Kacang

Menurut hasil penelitian, kacang-kacangan sudah terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, kacang juga bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2. Semua efek tersebut bisa mengurangi risiko aterosklerosis.

  • Asparagus

Jenis sayuran lainnya yang bisa mencegah penyakit jantung adalah asparagus. Karena sayuran tersebut memiliki kandungan serat dan mineral yang melimpah sehingga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah.

  • Brokoli

Berdasarkan penelitian di tahun 2015, brokoli mengandung sulforaphane yang bisa membantu mencegah penumpukan di pembuluh arteri. Brokoli juga mengandung vitamin K yang berfungsi sebagai pencegah kalsium melakukan kerusakan pada pembuluh arteri.

  • Sayuran Hijau

Beberapa sayuran hijau seperti selada, kangkung, arugula, dan bayam mempunyai banyak nutrisi yang bisa melindungi dari aterosklerosis. Sayur-sayuran hijau ini juga merupakan sumber nitrat makanan yang baik dan dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Banyak penelitian menyebutkan, bahwa memakan sayuran hijau menjadi cara terbaik untuk mengurangi risiko penyakit jantung.