oleh

Berikut 5 Makanan Yang Dapat Menambah Sel Darah Merah, Agar Terhindar dari Anemia

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar– Anemia merupakan keadaan dimana kondisi sel darah merah terlalu sedikit dalam tubuh. Tanpa zat besi yang cukup, sel-sel darah merah tidak mampu membawa cukup oksigen ke jaringan tubuh. Kekurangan zat besi sering menyebabkan kadar sel darah rendah (anemia).

Untuk mengatasi hal tesebut, ada beberapa jenis makanan yang dapat menambah darah agar dapat terhindar dari anemia. Berikut 5 makanan yang dapat menambah sel darah merah:

1. Sayur berdaun hijau gelap

Makanan yang dapat menambah zat besi dalam tubuh ada pada sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam dan kale.

2. Daging Merah

Daging merah, seperti daging sapi dapat menambah sel darah merah di dalam tubuh. Pengidap anemia dapat mengonsumsi daging sapi 2 hingga 3 kali seminggu.

3. Buah bit

Buah bit mengandung vitamin B9 atau asam folat yang membantu produksi sel darah merah. Dalam menkonsumsinya dapad diolah menjadi jus ataupun salad.

4. Telur

Telur ayam memiliki sumber protein yang baik dan bermanfaat menambah sel darah merah. Telur memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan juga gizi lain seperti kalsium, karbohidrat, vitamin B1, dan vitamin B2 yang baik bagi para pengidap anemia.

5. Susu

Kalsium yang tinggi pada susu serta kaya akan zat besi dapat meningkatkan jumlah zat besi dalam tubuh agar terhindar dari risiko anemia.