oleh

Bikin Keracunan, Dinkes Ciamis Pantau Peredaran Cikbul

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Banyak anak-anak yang keracunan setelah memakan jajanan ciki ngebul (cikbul). Dinas Kesehatan (Dinkes) turunkan tim kesehatan keliling (Kesling) dan Petugas Kesehatan Lingkungan (Sanitarian) untuk memantau peredaran cikbul di sekolah-sekolah di Ciamis.

Bahkan saat ini, Dinkes Jawa Barat telah menetapkan status darurat medis terkait kasus cikbul tersebut.

“Menindaklanjuti ketetapan dari Dinkes Jabar, kita terjunkan Tim Kesling dan Sanitarian dari setiap puskesmas di Kabupaten Ciamis untuk melakukan edukasi ke masyarakat,” ucap Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Ciamis, Eni Rochaeni, Kamis (12/1/2023).

Eni berkata, belum ditemukan kasus keracunan cikbul di Ciamis. Pihaknya juga akan mencari dan mendata para penjual cikbul di Ciamis.

“Sampai dengan hari ini di Ciamis belum ditemukan kasus keracunan akibat chiki ngebul. Kami juga sampaikan ke setiap puskesmas agar segera menangani apabila ada kasus akibat chikbul ini. Semoga saja tidak ada,” kata Eni.

Selain cikbul, tim kesling juga akan medata jajanan lainnya yang berpotensi membahayakan kesehatan tubuh.

“Kami juga akan melakukan pengecekan ke beberapa titik seperti di sekolah-sekolah, pasar dan tempat keramaian seperti pasar malam,” ujar Eni.

Eni menuturkan, jajanan lingkungan sekolah memang menjadi perhatian paling tinggi Bidang Kesmas. Karena jajanan itu banyak dikonsumsi anak-anak dan menyangkut kesehatan anak.

“Dalam memantau chikbul ini kami juga akan bekerja sama dengan pihak BPOM,” tuturnya.