oleh

Bimtek Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi Pengurus TP PKK di Buka Bupati Bangka

Buletin Indonesia News.com

Sungailiat Bangka, — Bupati Bangka Mulkan SH.MH membuka Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas dan kompetensi pengurus TP PKK Desa se-Kabupaten Bangka dilaksanakan di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Senin (07/11/2022).

Bimtek tersebut dihadiri, Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Putin Helena Laoly, Ketua PKK Kabupaten Bangka Yusmiati Mulkan, Kepala Dinas Pemdes Daliyan Amri, Ketua APDESi Kabupaten Bangka,Syaiful Ahyar para Kades se-Kabupaten Bangka serta PKK Kecamatan Dan Desa.

Ketua Panitia Pelaksana, Syaiful Ahyar yang juga ketua APDESI mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan kelembagaan serta pemberdayaan masyarakat dalam melaksanakan10 program pokok PKK.

lanjut ia menjelaskan, “Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga ini merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaan dari, oleh dan untuk masyarakat mewujudkan keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME,” katanya.

“Bimtek ini juga untuk membangun masyarakat yang sejahtera serta menjadi pilot project keluarga yang harmonis dan memiliki budaya yang baik di mata masyarakat desa dan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada seluruh kader PKK desa terkait dengan terbitnya UU No. 6 Tahun 2014 tentang desa, dan berbagai peraturan pelaksanaan sehingga mempunyai kemampuan dan profesional dalam implementasi serta sebagai mitra pemerintahan desa,” ujarnya.

Diakuinya, selain itu sebagai bagian dari upaya untuk menguatkan tugas dan fungsi, serta meningkatkan peran PKK desa dalam mendukung kebijakan pemerintahan desa dan pemerintah daerah guna mencapai suatu tujuan yang baik.

“Untuk sasaran yang ingin dicapai nantinya setiap PKK bisa mengimplementasikan atau menerapkan materi dari narasumber guna memajukan PKK desa se-Kabupaten Bangka,” harapnya.

“Tambahnya sebanyak 151 peserta yang mengikuti kegiatan Bimtek, terdiri dari ketua dan sekretaris TP PKK Desa se-Kabupaten Bangka selama 4 hari, dibagi dalam 2 angkatan, Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi Pengurus  PKK ini dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan keluarga,” terangnya.

Ditempat yang sama, Bupati Bangka Mulkan mengharapkan para pengurus dan anggota PKK harus mendapat bekal dan ilmu pengetahuan bagaimana strategi ibu-ibu terutama untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Kita percaya, Tim Penggerak PKK Desa sudah berjalan dengan baik, dan pemberdayaan perempuan sudah sangat berjalan sebagaimana mestinya,” kata Mulkan.

Diharapkannya, dari Ketua dan Sekretaris TP PKK Desa ini nantinya akan mengajak, terutama pengurus tim penggerak PKK yang ada, sesuai dengan tema bimtek hari ini bagaimana untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Kami atas nama Pemkab Bangka memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada APDESI Kabupaten Bangka dan dinas terkait yang telah menginisiasi kegiatan ini, saya harap para peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik dan serius sehingga mendapatkan ilmu yang bermanfaat,” Harap Mulkan.
(WAWAN)