Bimtek Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Pengolahan Keuangan Dan informasi Data Berbasis Online (Siskeudes)

Bimtek Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa  Pengolahan Keuangan Dan informasi Data  Berbasis Online  (Siskeudes)

Bangka, buletinindonesianews.com — Bupati Bangka membuka Bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Parangkat Desa Dalam Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi Siskeudes Online tahun 2021 di hotel Tanjung Pesona, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (8/7/2021).

Dihadiri oleh Kepala BPKP Provinsi Ikhwan Mulyana, Sekda Bangka Andi Hudirman, Kepala Dinas Pemdes Kabupaten Bangka, Toni Marza, Para kepala OPD Pemkab Bangka, Ketua Asosiasi Pemerintahan Seluruh Indonesia (APDESI)  Kabupaten Bangka, Syaiful Ahyar, dan para Anggota APDESI Se Kabupaten Bangka.

Bupati Bangka menyampaikan dalam acara pembukaan mengatakan  bahwa Sebagai pemangku jabatan di Desa, hendaknya bagaimana aparatur yang ada di Desa untuk dapat mengikuti arus perkembangan teknologi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ada di Desa dan sedapat mungkin dapat menyesuaikan diri di era digitalisasi saat ini yang serta cepat dan tersistem dalam sebuah aplikasi yang bernama Sistem Keuangan Desa atau Siskeudes Online.

Kalau kita tidak bisa mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi kita akan ketinggalan, sesuai apa yang disampaikan oleh kepala BPKP tadi bahwa kita baru pencanangan terhadap Penerapan aplikasi Siskeudes ini. Hal utama yang harus dipikirkan yakni tentang perencanaan, bagaimana caranya agar program kegiatan yang sudah direncanakan tepat sasaran, dan kemudian penganggaran, bagaimana setiap ada kegiatan yang sudah direncanakan pasti akan dilaksanakan dan untuk penganggaran juga harus sedapat mungkin di gunakan seperlunya saja sesuai kebutuhan dan tidak boleh melenceng dari perencanaan awal.Berdasarkan RKP (Rencana Kegiatan Penganggaran) sesuai Juknis yang telah di tetapkan dalam APBdes.

Kita telah di instruksikan oleh pusat untuk mensosialisasikan Sistem Keuangan Desa secara online pada tahun 2021, dan nanti kita bersama kepala Desa untuk bersinergi dalam penerapan sistem ini karena sekarang ini serba online sama halnya dengan kami di Pemkab Bangka semuanya sudah serba online. Kepada para peserta harus serius dalam mengikuti Bimtek ini dan harus fokus dan apabila dirasa kurang mengerti silakan ditanya kepada nara sumber yang ada,” jelas Bupati Bangka.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Toni Marza, saat diwawancara awak media pada acara sosialisasi Bimtek Peningkatan Kapasitas Parangkat Desa Dalam Pengelolaan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Online ,saat ini sistem yang digunakan secara offline yakni dengan komputer atau laptop masing-masing tanpa jaringan Internet. Jadi data ketika diperlukan maka setiap Desa harus laporan. Maka dari itu dengan sistem online ini samua data akan terintegrasi.

“Jadi nanti semua data masuk dalam server  yang berkaitan dengan ini seperti, Inspektorat, BPKP, BPPKAD, Pemdes, langsung bisa melihat penggunaan dana desa seperti, transaksi-transaksi harian, dan kegiatan-kegiatan lainnya,” jelas Toni Marza.

Yang dibutuhkan sekarang ini untuk sistem tersebut adanya server induk yang ada di Kominfotik Kabupaten Bangka, Fasilitas internet yang tersedia di Desa, dan kalau sudah ada semuanya tinggal masukkan password saja yang sudah diberikan, kalau sudah tinggal koneksikan saja. Untuk di ketahui kalau untuk jaringan Internet sendiri bisa pakai kuota internet biasa dari provider seperti Telkomsel, Indosat, dan XL Komindo,” jelasnya. (WW)

Admin BIN