oleh

BNN Berharap Peserta Bisa Menjadi Mitra Untuk Sampaikan Bahaya Narkoba

-Ciamis-75 views

Buletin Indonesia

Ciamis ,– Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis melalui Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) melaksanakan kegiatan Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Lingkungan Masyarakat, bertempat di Aisyah Meeting Room The Priangan Hotel Ciamis, selama tiga hari, Selasa-Kamis, 28 – 30 Nopember 2017.

Hari pertama 40 Peserta perwakilan dari pemuda dan Tokoh Masyarakat lingkup Kecamatan Baregbeg . Hari kedua 40 peserta perwakilan dari Pemuda dan Tokoh Masyarakat lingkup Kecamatan Kawali. Hari ketiga 40 Peserta perwakilan dari Pemuda dan Tokoh Masyarakat lingkup Kecamatan Lakbok.

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan Deny Setiawan, S.Sos., MM, menjelaskan tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan sinergitas dalam upaya P4GN, meningkatkan kesadaran dan peranserta masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang terbebas dari penyalahgunaan narkoba, serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman di kalangan masyarakat tentang bahaya narkoba.

Masalah Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di wilayah Indonesia sudah merambah ke daerah-daerah. Berdasarkan data dari banyaknya kasus narkoba yang terjadi dan masih banyaknya yang belum diungkapkan menunjukkan permasalahan narkoba masih begitu memprihatinkan. Permasalahan Narkoba merupakan tanggungjawab kita bersama tidak bisa hanya di tangani oleh BNN atau penegak Hukum saja, namum perlunya peran aktif dari seluruh komponen bangsa termasuk anggota masyarakat di dalamnya.

Sementara itu menurut Kepala BNNK Ciamis AKBP Yaya Satyanagara, SH., sekaligus sebagai narasumber kegiatan ini menyampaikan bahwa kejahatan narkoba saat ini sudah mengkhawatirkan, bahkan Presiden Republik Indonesia menyatakan bahwa “Indonesia Darurat Narkoba”.

Daya rusak narkoba lebih serius dibanding korupsi dan terorisme karena merusak otak manusia, seluruh lapisan masyarakat telah terkontaminasi narkoba baik itu pejabat, TNI, Polri, BNN, Jaksa, Hakim hingga masyarakat umum. Wilayah sebaran narkoba telah menyebar ke seluruh pelosok wilayah dan menyasar kalangan anak-anak sebagai regenerasi pangsa pasar.

Selain menerangkan narkoba beserta jenis, bahayanya dan sanksi hukumnya, Yaya juga menyampaikan, apabila ada keluarga, kerabat dan teman di lingkungannya yang terlanjur menjadi pecandu dan korban penyalahgunaan narkoba, segara untuk melapor kepada pihak terkait atau langsung kepada BNN untuk direhabilitasi baik secara Rehabilitasi Medis atau Rehabilitasi Sosial.

Para peserta diharapkan menjadi mitra atau perpanjangan tangan BNN untuk menyampaikan bahaya narkoba kepada keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar guna mewujudkan lingkungan masyarakat yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, sehingga mampu mewujudkan Kabupaten Ciamis bersih dari Penyalahgunaan Narkoba.

Reporter : Lilis Susilawati

Komentar

News Feed