oleh

BNPB Ciamis Berharap Pendidikan Bencana Masuk Kurikulum

-Ciamis-96 views

Buletin Indonesia News CIAMIS, — Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Ciamis menggelar kegiatan simulasi bencana dengan tema Sekolah Madrasah Aman Bencana bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Ciamis, Selasa (03/10/17).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjalankan program pendidikan dari Direktorat Pendidikan dan Layanan Khusus Republik Indonesia agar penyandang disabilitas terhindar dari resiko becana. Hal ini diungkapkan Ketua Pelaksana Kegiatan Hj. Rinta Gantina S.Pd., M.Pd.

Ia menjelaskan, untuk simulasi bencana di SLB ini meliputi simulasi Gempa Bumi, Kebakaran dan Angin Puting Beliung yang di ikuti oleh 150 siswa dari tingkat SD, SMP LB dan SMA LB.

“Alhamdulillah seperti apa yang tadi Kita dengar bahwa kegiatan simulasi ini sangat bermanfaat, dari yang tadinya siswa tidak tahu dan tidak faham apa yang harus di lakukan jika ada bencana kini menjadi tahu. Minimalnya mereka nanti bisa dengan sigap menyelamatkan diri dari bencana,” paparnya.

Sementara itu, Satgas Penanggulangan Bencana dari BNPB Ciamis Dodo Zakaria mengatakan bahwa hal ini merupakan bentuk perhatian bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Ciamis terhadap resiko bencana, hal ini karena bencana dapat menimpa siapapun.

“Apalagi selama ini akses terhadap pendidikan bagi para penyandang disabilitas kurang tersentuh oleh Pemerintah. Sehingga Kami berkewajiban untuk memberikan ilmu kepada mereka khusunya dalam penanggulangan bencana minimal di sekolah mereka,” bebernya.

Dodo berharap, pendidikan tentang resiko bencana dan cara menanggulanginya dapat menjadi kurikulum di sekolah, tak hanya bagi penyandang disabilitas saja tetapi juga sekolah umum baik tingkat SD, SMP dan SMA di Kabupaten Ciamis. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penanggulangan Resiko bencana.

Reporter : Lilis Susilawati

Komentar

News Feed