oleh

BP2D Kabupaten Ciamis Gelar Lomba Nyanyi Tiga Warna

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) Kabupaten Ciamis bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Wick Family Karaoke dan Tiluan Enterprice menyelenggarakan Lomba Nyanyi Tiga Warna.

Kegiatan tersebut dalam rangka menggeliatkan kembali bakat dan potensi bernyanyi masyarakat. Dilaksanakan selama 3 hari, dari mulai tanggal 16 – 18 Desember 2021. Ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (17/12/2021) di Plaza Kuliner TIC Ciamis, Ketua BP2D Kabupaten Ciamis, Endang Haris Juandana mengatakan Lomba Nyanyi Tiga Warna merupakan yang pertama di Ciamis.

“Dalam lomba ini seorang peserta dituntut harus mampu menyanyikan lagu dengan 3 genre musik yang berbeda, yaitu Dangdut, Sunda dan Pop,” katanya.

Menurut Endang, animo masyarakat begitu tinggi. Semua peserta ada 70 orang yng berasal dari berbagai daerah diantaranya ada dari Ciamis, Tasik dan Banjar, Pangandaran dan Jakarta, yang dibagi dalam 2 katagori yaitu remaja dan dewasa. Setiap genre nantinya akan ada penghargaan, jika peserta ingin menjadi juara umum harus bisa membawakan musik yang tiga genre tersebut.

Ketua BP2D Kabupaten Ciamis, Endang Haris Juandana.

Adapun hadiah yang disediakan berupa uang tunai puluhan juta rupiah dan trophy dari Bupati Ciamis. “Tiap genre akan ada juara nya dan mendapat penghargaan. Peserta yang mampu membawakan lagu dalam 3 genre dengan baik dan benar akan menjadi juara umum. Selain mendapat hadiah dan penghargaan, juara umum akan mendapatkan juga trophy dari bapak bupati,” jelasnya.

Dengan adanya lomba nyanyi tersebut, Endang berharap nantinya ada penyanyi khas atau ikon untuk Ciamis yang bisa tampil pada setiap event yang digelar BP2D maupun Dinas Pariwisata.

“Penyanyi yang berprestasi nantinya kami akan salurkan di setiap event atau kegiatan lainnya,” harapnya.Untuk mengantisipasi penyebaran Covid -19, Endang menegaskan setiap peserta dan seluruh yang terlibat dalam acara tersebut harus mematuhi protokol kesehatan (Prokes) terutama memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Kami mewajibkan semua peserta dan crew untuk tetap mematuhi prokes,” tegasnya.

Salah seorang peserta asal Handapherang Kabupaten Ciamis, Fera Kartika mengatakan dirinya mengikuti lomba tersebut dengan berbagai persiapan diantaranya, kostum, performance, juga vocal agar bisa membawakan lagu dengan 3 genre.

“Ini merupakan hari kedua saya mengikuti lomba, dan harus membawakan lagu dangdut, tentunya saya harus betul-betul mengolah vocal untuk kultur di dangdut ini, terutama cengkok nya,” katanya.

Menurutnya, motivasinya mengikuti lomba tersebut adalah selain mengembangkan bakat terpendam, menyanyi merupakan hobi, Fera juga sudah mempersiapkan mental, fisik dan segalanya.

“Apapun yang terjadi mau menang ataupun kalah kita harus siap,” tegasnya. Diungkapkan Fera, untuk menggeliatkan wisata di Kabupaten Ciamis salah satunya dengan menggelar acara lomba seperti ini.

“Saya harap lomba seperti ini sering dilaksanakan. Dengan adanya lomba ini diharapkan dapat memunculkan potensi penyanyi yang ada di Ciamis sekaligus mengenalkan potensi wisata di Kabupaten Ciamis,” pungkasnya. (Nank Irawan**)

News Feed