oleh

Bukan Jeruk, Ternyata Ini Buah yang Mengandung Vitamin C Tertinggi

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Vitamin C atau asam askorbat memilik peran penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh. Vitamin ini bersifat mudah larut dalam air yang tentunya akan dibutuhkan untuk tubuh bagi pertumbuhan, perkembangan, dan proses reparasi tubuh melalui perannya dalam metabolisme kolagen. Kolagen merupakan protein yang penting bagi pembentukan kulit, tendon, ligament, dan pembuluh darah.

Selama ini, banyak orang beranggapan bahwa sumber terbaik vitamin C adalah jeruk. Padahal, jeruk bukanlah buah yang paling banyak mengandung vitamin C. Masih ada buah-buahan lain dengan kandungan vitamin C yang jauh lebih berlimpah.

Berikut beberapa jenis buah dengan kandungan vitamin C yang paling tinggi :

  • Jambu Biji

Jambu biji menduduki peringkat teratas kategori buah kaya vitamin C. Buah ini mengandung sekitar 200 mg vitamin C per 100 gram, jauh lebih tinggi dari jeruk yang hanya 53 mg. Selain vitamin C, jambu biji juga kaya akan serat. Termasuk dalam buah-buahan tropis, jambu biji bisa tumbuh sangat baik di Indonesia.

  • Pepaya

Kandungan vitamin C pada buah pepaya sebesar 94 mg. Buah pepaya juga mengandung serat, vitamin A, vitamin B kompleks (terutama vitamin B6, B2, dan B1), kalium, dan kalsium. Berkat kandungan ini, pepaya dapat membantu metabolisme tubuh, mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan mata.

  • Kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin C sebanyak 92,7 mg. Kiwi juga mengandung vitamin A, E, K, serta berbagai jenis mineral. Uniknya lagi, buah ini mengandung asam lemak omega-3, zat gizi yang biasanya ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon.

  • Jeruk

Kandungan vitamin C pada buah jeruk sebanyak 82,7 miligram. Jeruk juga mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama vitamin B1, B9 (folat), dan kalium. Dengan mengonsumsi jeruk, tubuh Anda pun bisa memperoleh antioksidan berupa fenol dan likopen