oleh

Bupati Bangka Buka Musabaqah Tilawatil Qur’an Dan Hadist (MTQH) Kabupaten Bangka Tahun 1443H/2022 M

Buletin Indonesia News.com

Sungailiat Bangka, — Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadist tingkat Kabupaten Bangka tahun 1443 H/2022 M yang dilaksanakan dihalaman Masjid Al Ittihad Sungailiat Kabupaten Bangka, Senin (18/7/2022 ).

Kegiatan tersebut terlaksana atas surat keputusan Bupati Bangka nomor 188.45/756/II/2022 tanggal 14 Juli tahun 2022 tentang pembentukan panitia pelaksana kegiatan Musabaqoh Tilawah Quran dan Hadits Nabi (MTQH) tingkat Kabupaten Bangka.

Ketua Pelaksana Kegiatan MTQH, Teddi Sudarsono dalam sambutan menyampaikan bahwa “Kegiatan dilaksanakan bertujuan untuk mendukung program Pemerintah Daerah dalam memberantas buta aksara Al Qur’an di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Yang kedua, memberi kesempatan kepada generasi muda yang berprestasi dalam seni baca, menulis, menghafal serta memahami isi Al Qur’an dan hadits Nabi dalam rangka mewujudkan pencapaian prestasi generasi muda Bangka di bidang iman dan taqwa,” terangnya.

Selain itu, kegiatan ini untuk menyeleksi peserta terbaik guna persiapan mengikuti musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadits Nabi (MTQH) di tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ia menjelaskan MTQH diikuti oleh peserta yang berasal dari delapan kecamatan se Kabupaten Bangka yang berjumlah 331 orang dan 32 official. Sedangkan cabang yang diperlombakan dalam kegiatan ini antara lain :
A. Cabang Tilawatil Qur’an
B. Cabang Hifhzil Qur’an
C. Cabang Tafsir Qur’an
D. Cabang syarhil Qur’an Beregu
E. Cabang Fahmil Qur’an Beregu
F. Cabang Khotil Quran
G. Cabang karya tulis ilmiah Al Qur’an Putra Putri
H. Cabang Hadits Nabi

“Kegiatan MTQH akan dilaksanakan selama lima hari yang dimulai dari tanggal 18 sampai 22 Juli 2022. Untuk setiap cabang yang diperlombakan nanti akan dipimpin oleh dewan hakim yang berkompeten di bidangnya sebanyak 30 orang dan panitera sebanyak 6 orang,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya jika peserta yang akan diutus ke perlombaan Musabaqoh Tilawah Quran dan Hadits Nabi tingkat provinsi nanti adalah yang terbaik dari semua cabang.

“Untuk mempersiapkan para qori Qoriah ke tingkat provinsi maka dipandang perlu adanya pembinaan. Yang mana tim pembina nantinya akan ditunjuk oleh tim kabupaten Bangka sesuai dengan surat keputusan Bupati Bangka,” pungkasnya.

Pembukaan MTQH dihadiri Bupati Bangka Mulkan SH MH ,Ketua DPRD Bangka Iskandar S.IP, Danlanal Babel yang diwakili, Wakapolres Bangka ,Ketua MUI Bangka ,Ketua pengadilan Negeri Sungailiat,Kepala Kemenag Bangka,Kepala LPP RRI Sungailiat,para pimpinan BAZNAS Bangka,Sekda Bangka,Asisten ,Staf Ahli,Para OPD, Camat,Lurah, para Dewan hakim .

Bupati Bangka Mulkan SH.MH sambutannya dilanjutkan pembukaan MTQH mengatakan selaku kepala daerah mengucapkan ribuan terimakasih atas terlaksana kegiatan-kegiatan apapun yang ada di Kabupaten Bangka ini baik itu kegiatan kemasyarakatan kegiatan keagamaan dan juga kegiatan olahraga dapat terlaksana dengan baik.

Mari kita bersama-sama untuk mengsukseskan MTQH kita ini , tujuan dari pelaksanaan ini adalah salah satu agenda rutinitas yang telah kita laksanakan baik itu yang ada di 8 Kecamatan sebelum hari raya Idul Fitri ,selama 2 tahun terakhir ini MTQ tidak bisa kita laksanakan secara dilapangan terbuka mengingat kondisi dari pandemi Covid 19.

Alhamdullilah ucap Bupati Mulkan untuk tahun ini kita bisa laksanakan dilapangan terbuka diMesjid Ittihat ini tujuan dari MTQH ini adalah untuk menuntaskan daripada buta aksara Alqur’an, jangan sampai para generasi muda kita tidak bisa membaca Alqur’an dan bagaimana kita untuk selalu meningkatkan silahturahim antar umat muslim kita dengan kegiatan MTQH ini,” katanya.
(WAWAN)