Bupati Bangka Mulkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Lakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Untuk Aksi Nyata Peduli Sampah

Buletin Indonesia News.com

Sungailiat Bangka, — Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023 yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka di Rumah Kompos di Kelurahan Matras Kecamatan Sungailiat, Jum’at (24/2/2023).

Dihadiri Bupati Bangka Mulkan, SH, MH, Ketua Tim Penggerak PKK Bangka Yusmiati, SE, Sekda Bangka Drs Andi Hudirman, para Kepala OPD Pemkab Bangka, para Camat, para Lurah, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan peringatan HPSN tahun 2023 Tema dalam peringatan tersebut yaitu “Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat” dan
launching rumah kompos, lomba daur ulang sampah kering, penyerahan hadiah dan tropy lomba.

Bupati Bangka Mulkan, SH, MH, mengatakan kepada Wartawan saat diwawancara, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga Kabupaten Bangka tetap dikenal sebagai kabupaten yang bersih dan sehat.

“Alhamdulillah Pemkab Bangka untuk tahun 2023 ini kita akan mendapatkan Piala Adipura tahun 2022 untuk yang kesebelas kalinya ini merupakan suatu prestasi dan kenangan indah untuk masyarakat di Kabupaten Bangka,” jelas Mulkan.

Dijelaskan Mulkan, penyerahan Piala Adipura tahun 2022 ini diserahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI pada hari Selasa, 28 Februari 2023 nantinya di Jakarta.

“Dalam hal ini sudah menerima surat undangan resmi dalam penyerahan penghargaan Anugerah Adipura 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia,” terangnya.

Ditambahkannya memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023 ini adalah momentum untuk kembali meningkatkan kebersamaan, kekompakan dan juga selalu bersinergi untuk selalu dijaga dan dirawat.

“Kita harus memiliki rasa tanggung jawab dan kita berharap agar para Organisasi Perangkat Daerah kita sebagai pengurus dan pemegang aset, sehingga kita dapat untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan sehingga anggaran dana pusat dapat turun langsung ke daerah. Aset-aset ini harus terus kita rawat dan dapat untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ucap Mulkan.

Usai sambutan Bupati Bangka Mulkan didampingi Ketua TP PKK Bangka Yusmiati Mulkan serta undangan yang hadir dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama untuk aksi nyata dalam peduli sampah.

(WW)