Bupati Bangka Mulkan Katakan Masalah Sampah Bukan Hanya Tanggung Jawab Pemerintah Saja Tetapi Tanggung Jawab Kita Semua

Buletin Indonesia News.com

Sungailiat Bangka, — Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan tema, ‘Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat’ dan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H, serta launching Sedekah Sampah
Masjid Al Husna Sidodadi Kelurahan Srimenanti Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Minggu (19/2/2023).

Melaunching Sedekah Sampah, yang didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka.

Dihadiri Bupati Bangka Mulkan SH.MH didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Yusmiati Mulkan, yang sekaligus secara resmi melaunching sedekah sampah dengan motto “Tiada hari tanpa sholat dan sedekah” bertujuan mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan dan sekaligus beramal soleh dengan menyedekahkan sampah yang masih dapat dijual atau didaur ulang kepada Masjid Al Husna Sidodadi kelurahan Srimenanti.

Bupati Bangka Mulkan dalam sambutannya mengucapkan “Selamat Memperingati Peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Kita, Nabi Muhammad SAW 1444 H dan mengucapkan selamat atas akan di launchingnya program sedekah sampah yang ada di Masjid Al Husna kelurahan Srimenanti lingkungan sidodadi ini,” ujarnya.

Bupati Mulkan mengatakan “Program sedekah sampah ini cukup unik, kenapa unik karena kita jarang sekali mendengar orang sedekah sampah. Tetapi karena keunikan inilah dapat menjadi role model atau contoh yang harus kita ikuti diharapkan kedepannya program semacam ini dapat diikuti lingkungan lingkungan lainnya yang ada Kabupaten Bangka ini,” katanya.

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Bangka mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah menjaga kebersamaan dan kekompakan khususnya dilingkungan Sidodadi ini. Adanya program sedekah sampah ini adalah wujud adanya kekompakan dan kebersamaan yang ada dimasyarakat ini. Kita tidak akan mampu menjalankan program ini tanpa adanya dukungan dari semua pihak terutama masyarakat yang ada di lingkungan Sidodadi ini,” jelasnya.

“Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang berat, untuk itu dibutuhkan kerjasama dan semangat gotong royong untuk menggugah kesadaran masyarakat kita agar peduli terhadap masalah sampah ini, kami sangat mengapresiasi akan adanya program sedekah sampah ini. Semoga dengan adanya program sedekah sampah di lingkungan Sidodadi ini dapat mengatasi masalah sampah yang ada di Kabupaten Bangka ini,” tegasnya.

“Insya Allah dalam waktu dekat kita akan memiliki TPA atau Tempat Pembuangan Akhir sampah sekala regional yang lebih besar di Kabupaten Bangka ini yang lokasinya tidak jauh dari TPA yang telah ada sekarang,” terangnya.

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ismir Rachamadianto S,STP mengatakan “Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka berkomitmen untuk mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Bangka ini dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam pengolahan sampah ini,” ungkapnya.

“Kami menyambut baik adanya program sedekah sampah di Masjid Al Husnah ini karena masalah sampah ini bukan hanya tanggung jawab Pemerintah saja tetapi tanggung jawab kita semua. Program ini merupakan salah satu kontribusi masyarakat dalam mengatasi masalah sampah jadi tidak semua sampah harus dibuang ke TPA tetapi ada sampah yang dapat di daur ulang sehingga menjadi penambahan nilai bagi masyarakat setempat,” jelasnya.

Diakhir acara diadakan penyerahan bantuan oleh Bupati Bangka beserta perangkat Daerah dan Tokoh masyarakat kepada anak yatim dan kaum duafa.

(WW)