Bupati Bangka Mulkan Katakan Suatu Saat Pertanian Kita Benar-Benar Tangguh

Buletin Indonesia News.com

Sungailiat Bangka, — Panen padi bersama dan Lomba Asah  Terampil Petani Tingkat Desa  Kemuja Kecamatan Mendo Barat Tahun 2023 di Kawasan Agrowisata Bumang Desa  Kemuja, Sabtu (18/02/2023).

Dihadiri Bupati Bangka Mulkan, Sekda Bangka H Andi Hudirman, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Iskandar, Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Yusmiati Mulkan, Pimpinan Bank Sumsel Sungailiat, para pejabat dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka, para Camat, Ketua APDESI Bangka Syaiful Ahyar, Kepala Desa, Tokoh Agama dan tamu undangan lainnya.

Bupati Bangka Mulkan usai panen padi dan lomba Asah terampil petani diwawancara Wartawan mengatakan, kegiatan lomba asah terampil petani ini perlu dikembangkan dari segi kualitas dan pengetahuan para petani, sehingga untuk meningkat pengetahuan dan kemampuan dalam bidang pertanian.

Bupati Mulkan mengatakan, “Lomba Asah Terampil ini menjadi hal penting dan positif bagi petani bukan hanya bicara soal keterampilan bercocok tanam, namun juga harus mengasah pengetahuan akan pertanian. Baik itu cara bertani yang benar sehingga berhasil, maupun mengasah pengetahuan pertaniannya,” jelasnya.

“Harapan kami pertanian kita harus tangguh kita memberi kesempatan kepada petani kita untuk meningkatkan segala kemampuan dan kapasitas petani sebagai pelaku utama dalam meningkatkan produksi dan produktivitas,” kata Mulkan.

“Mulkan tak lupa mengapresiasi panen padi sawah oleh petani Kemuje, dan membuktikan bahwa Kabupaten Bangka menjadi daerah yang subur. Diharapkannya para Kepala Desa untuk menjadi penggerak dan menciptakan inovasi dalam memberdayakan masyarakatnya,” ujarnya.

“Bupati Mulkan sebut saya punya impian suatu saat pertanian kita benar-benar tangguh, sekarang memang belum bisa dikatakan tangguh karena masih banyak kendala yang dihadapi petani dan dunia pertanian di Bangka ini. Tapi saya yakin suatu saat kita bisa mencapai itu,” ucapnya.

Tambah Bupati Mulkan “Lakukan yang terbaik untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama pelayanan dalam bidang pertanian semua kegiatan yang ada di  Kabupaten Bangka bisa dilaksanakan dengan baik berkat adanya kebersamaan, kekompakan dan kolaborasi lima pilar pembangunan unsur pentahelix, pemerintah, masyarakat, media massa,  akademisi, perusahaan dan perbankan,” jelasnya.

“Dikatakannya kita berharap para aparatur pertanian, seperti kadis pertanian dan petugas penyuluh pertanian lapangan (PPL) untuk memberikan edukasi dengan konsep pembinaan dan jangan mengandalkan bantuan lepas. 
Ketahanan pangan merupakan kebutuhan dasar bagi kita semua dan harus terus berkelanjutan dilaksanakan,” terangnya.

Diungkapkannya, “Dari  3.000 hektare lahan pertanian pangan di Kabupaten Bangka, namun yang baru digarap sekitar 1.000 lebih hektare dengan dukungan bantuan dari unsur masyarakat lainnya, seperti TNI dan lain sebagainya. Ketahanan pangan berupaya untuk menstabilkan harga pangan, harga produk stabil dan  mewujudkan pertanian yang tangguh seperti yang disampaikan pada rakor provinsi kemarin,” imbuhrnya. 

Dilanjutkan dengan penyerah tropi dan Bonus oleh Bupati Bangka didampingi para Pejabat dan OPD, untuk juara pertama diraih kelompok tani Mekar Sari, juara ketua diraih kelompok tani Kemuja Kreasi dan juara ketiga kelompok tani Sekebet Seiket serta juara  keempat dari kelompok tani Subur Makmur. 

(WW)