Bupati Bangka Mulkan SH.MH Resmikan Serentak Gedung Labkesda Serta Gedung Kantor Dinas Kesehatan

Buletin Indonesia News.com

Sungailiat Bangka, — Bupati Bangka Mulkan SH.MH resmikan Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Bangka, yang dilaksanakan di Puskesmas Sinar Baru, Sungailiat, Selasa (31/1/2023).

Pembangunan gedung sarana Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar 4.7 milyar bidang kesehatan tahun 2022, DID tahun 2021 untuk pembangunan.

Dihadiri Kajari Bangka,Kapolres Bangka, Direktur Tata Kelola Kementerian Kesehatan RI Dr. Mayang Sari dan jajaran, para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka, camat, lurah, dan tamu undangan lainnya.

Then Suyanti, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, mengatakan dalam laporannya “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Bangka. Untuk menyediakan fasilitas kesehatan sesuai standar, serta mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat berbasis siklus kehidupan melalui integrasi layanan primer khusus pada upaya promosi dan pencegahan,” ujar Then Suyanti.

Dijelaskannya, untuk biaya kegiatan berasal dari dana DAK kesehatan tahun 2022 dan dana DID tahun 2021 dengan rincian “Gedung Labkesda dengan nilai kontrak sebesar Rp4,7 miliar, Gedung Poned Puskesmas Bakam Rp1,4 miliar, Gedung Poned Puskesmas Penagan Rp1,4 miliar, Gedung Poned Puskesmas Petaling Rp1,4 miliar Gedung Poned Puskesmas Belinyu Rp1,5 Miliar dan Gedung Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Rp4,8 miliar,” terang Then Suyanti.

Ditempat yang sama, Direktur Tata Kelola Kementerian Kesehatan RI, Dr.Mayangsari sambutannya memberikan apresiasi kepada Kabupaten Bangka dalam upaya pembangunan kesehatan. Dan Kemenkes akan mendukung penuh setiap kegiatan pembangunan yang mengarah pada peningkatan layanan kesehatan masyarakat.

“Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) ini juga menjadi bukti kehadiran kami dari Pemerintah Pusat, memberikan dana melalui DAK fisik, kita membangun fasilitas kesehatan.Untuk kelengkapan peralatan penunjang di dalam, kami harapkan dari Pemerintah Daerah bisa menganggarkan,” kata Mayangsari.

Bupati Bangka Mulkan dalam sambutanya menyampaikan “Terima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Bangka dalam membangun kelengkapan sarana dan prasarana kesehatan yang ada di kabupaten Bangka,” ucap Mulkan.

Bupati Mulkan katakan, “Fasilitas kesehatan yang sudah tersedia yang dibangun dengan dana yang cukup besar ini bisa membawa manfaat besar bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan,” ucapnya.

Tambah Bupati Mulkan, “Nanti peralatan-peralatan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) ini akan kita anggarkan melalui dana APBD, dan tentu juga kami mohon dukungan juga dari Pemerintah Provinsi dan Pusat,” jelas Mulkan.

Bupati Mulkan katakan, “Pemkab Bangka sejak awal memang sangat memberi perhatian kepada kelengkapan sarana prasarana kesehatan, mulai Pustu, Puskesmas hingga Rumah Sakit. Karena sebaik dan secerdas apapun dokter dan nakes kita tanpa ada penunjang fasilitas kesehatan yang baik, maka akan sulit meningkatkan pelayanan kesehatan,” ungkap Bupati Mulkan.

Selain Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), Bupati Bangka Mulkan  sekaligus meresmikan gedung Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka , dan juga fasilitas pelayanan kesehatan lainnya seperti gedung Poned, gedung Puskesmas Belinyu, Petaling, Penagan dan Bakam.

(WW)