oleh

Bupati Bangka Mulkan SH,MH Buka Sosialisasi Sistem Kearsipan Berbasis Online Dengan Aplikasi (SRIKANDI)

Buletin Indonesia News.com

Sungailiat Bangka, — Bupati Bangka Mulkan SH.MH membuka kegiatan bimbingan teknis dan sosialisasi pengelolaan arsip berbasis online melalui aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) Kabupaten Bangka di O.R Bangka Setara, Selasa (24/01/2023).

Dihadiri Sekda Bangka, Andi Hudirman Seluruh Kepala Dinas kepala kantor dan Camat se-Kabupaten Bangka, serta para undangan lainnya.

Bupati Bangka Mulkan SH.MH dalam sambutannya mengatakan “Sesungguhnya kearsipan itu timbul dari diri kita sendiri, karena setiap apa yang kita lakukan akan didokumentasikan sehingga secara otomatis akan menjadi arsip,” kata Mulkan.

“Dengan berkembangnya teknologi maka sistem kearsipan pun ikut berkembang dari yang dulunya manual menjadi berbasis online dengan menggunakan aplikasi yang bernama SRIKANDI. Dengan aplikasi ini diharapkan akan memudahkan kita dalam hal kearsipan di Kabupaten Bangka ini,” ujar Mulkan.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Umum Kabupaten Bangka, Mina mengatakan maksud kegiatan ini adalah untuk penerapan aplikasi SRIKANDI dimasing masing unit kerja untuk meningkatkan mutu dan pelayanan di lingkungan Pemkab Bangka.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tertib arsip daerah dalam digitalisasi dengan transformasi dari arsip konvensional menjadi arsip elektronik, sehingga memudahkan komunikasi dan koneksi antar instansi baik pusat maupun daerah,” jelas Mina.

“Adapun pelaksanaan sosialisasi dan bimbingan teknis ini akan berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 24 Januari sampai dengan tanggal 26 Januari 2023. Pesertanya seluruh Kepala Dinas dan Camat se-Kabupaten Bangka,” terang Mina.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini dari Kantor Arsip Negara, Arsiparis Madya Supriyono Sarjana Sains Terapan dan dari Dinas Perpustakaan Bangka Barat Ferdi Nomenti SH.

(WW)