Bupati Bangka Terima Sertifikat Bebas Frambusia & Eliminasi Filiarisis dari Kemenkes RI

Buletin Indonesia News.com

Jakarta, — Bupati Bangka Mulkan SH.MH., menerima sertifikat bebas frambusia dan eliminasi filiarisis dari Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di The Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Pada kesempatan tersebut, para Bupati/Wali Kota se Indonesia sekaligus melakukan komitmen bebas frambusia dan eliminasi filiariasis.

Kegiatan ini merupakan komitmen bersama untuk bebas dari frambusia dan eliminasi filariasis untuk seluruh Kabupaten/Kota sehingga bebas dari eliminasi filiriasis dan frambusia termasuk di Kabupaten Bangka.

Frambusia merupakan upaya pembasmian yang dilakukan secara berkelanjutan untuk menghilangkan penyakit frambusia secara permanen sehingga tidak menjadi masalah kesehatan masyarakat. 

Target dan kesepakatan global, regional dan nasional, Indonesia harus bebas frambusia di tahun 2024 dan Indonesia merupakan satu-satunya negara di regional Asia Tenggara yang masih dilaporkam kasus frambusia. 

Selain itu juga, diserahkan sertifikat bebas eliminasi faliriasis yakni upaya Pemerintah dalam menghilangkan penyakit filariasis sebagai masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Target dan kesepakatan global dan nasional adalah eliminasi filariasis di tahun 2030. 

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi telah menetapkan Kabupaten/Kota eliminasi filariasis nerdasarkan kriteria dan rekomendasi yang telah ditetapkan sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 94 tahun 2014 tentang penanggulangan filiriasis. 

Sebanyak 103 Kabupaten/Wali kota menerima sertifikat bebas frambusia dan eliminasi filiriasis untuk meningkatkan kepedulian untuk mewujudkan Indonesia bebas penyakit teopis terbaikan yang diserahkan langsung Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin kepada masing-masing Bupati/Walikota dengan menggunakan pakaian adat masing-masing.

Bupati Bangka pada kesempatan ini menggunakan pakaian adat Telok Belango lengkap dengan stanjak dan kainnya. 

Turut hadir, Dirjen dari Kementerian Kesehatan RI, Para Bupati dan Wali Kota se Indonesia, Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Ir Pan Budi Marwoto M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti MM, Direktur RSUD Depati Bahrien, dr Yogi Yamani, Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Bangka, Yusmiati SE, serta Camat dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Bangka

(WW)