oleh

Bupati Bangka Tinjau Panen Udang Vaname Di Bantam Kecamatan Belinyu

Belinyu, buletinindonesianews.com — Kunjungan Bupati Bangka kelokasi tambak udang PT.Pelangi  Anugerah  Sentosa ( PAS  ) meninjau langsung panen udang Vaname di lokasi Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka.

Hadir dalam kunjungan Bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Saat Meninjau Langsung lokasi tambak tersebut Bupati Bangka, menjelaskan bahwa hari ini dirinya diundang oleh saudara Ucok (Risdo) yang merupakan Owner dari PT. PAS yang juga pegawai dilingkup Kejari Bangka. Dan Beliau merupakan salah satu pengembang dibidang budidaya udang Vaname di Bantam Kecamatan Belinyu , Sabtu (31/7/2021).

Dan ini merupakan salah satu usaha alternatif, yang dulu kita selalu terfokus dan teridentik dengan tambang. Dengan adanya usaha pertambakan inilah yang akan berangsur-angsur secara bertahap kita sudah mulai mentransformasi dari tambang ke pertambakan dan pariwisata. Jadi alhamdulilah dengan adanya pertambakan di Kabupaten Bangka ini  menciptakan peluang terhadap tenaga kerja bagi masyarakat kita yang ada di Kabupaten Bangka pada umumnya,” Uangkap Bupati Bangka.

lokasi tambak udang di Kecamatan Belinyu

Dikatakannya, Dalam masa Pandemi Covid-19 pada saat ini bagaimana Pemerintah dan para pelaku usaha-usaha yang ada saat ini, dengan kolaborasi fentahelik secara bersama-sama untuk mengurangi dari angka kemiskinan dan pengangguran di masa Pandemi Covid-19 saat ini.

“Saat ini untuk tambak udang sendiri dalam hal permintaan pasar cukup banyak dan baik secara domestik maupun mancanegara dan kebutuhan akan Ketersediaan udang sendiri di pasar mancanegara saat cukup tinggi, maka dari itu dengan adanya pengembangan dari usaha tambak udang tersebut cukup menjanjikan prospek usahanya,” Bebernya.

Kemudian, Bupati Bangka mengutarakan bahwa untuk udang Vaname setiap tahun dari Kabupaten Bangka menyumbang kurang lebih 3000 ton udang untuk ekspor dan ini akan terus meningkat sesuai dengan permintaan dan sekarang sudah banyak pelaku usaha yang membuka usaha tambak udang ini.

“Dari jumlah Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Babel ini, sudah ada 5 Kabupaten yang mempunyai tambak udang ini dan dan untuk udang yang akan kita ekspor ini akan sangat kita perhatikan Kesehatan dan kandungan lain yang akan menghambat dari kualitas udang tersebut,” jelas Bupati

Ia menambahkan, Pemkab Bangka akan selalu mensupport dalam hal perijinan, bahwa sampai hari ini Pemkab Bangka selalu berupaya memberikan kemudahan kepada pelaku usaha dalam hal pengajuan perijinan tambak udang tersebut.

“yang penting para pelaku usaha ini saat pengajuan perijinan bukan berada di hutan produksi (HP) dan hutan lindung, dan Hutan Konservasi,” Uangkapnya

Sementara itu Owner PT. SAP Ucok (Risdo) menyampaikan bahwa luas lahan PT. SAP sekitar 5 Hektar dan jumlah kolam ada 14 kolam dan hanya 5 kolam tambak yang dilakukan panen udang dengan jumlah 6 ton udang Vaname siap ekspor.

“Udang ini kita pelihara selama 3 bulan dan kita hanya panen udang di 5 tambak udang dengan jumlah sekitar 6 ton dan Rencananya akan kita ekspor melalui Jakarta dan Palembang,” Pungkasnya.

(WAWAN)

News Feed