Bupati Ciamis Akan Gelar Kontes Ikan Koi Khas Ciamis

CIAMIS, buletinindonesianews.com –
Dimasa pandemi Covid-19 masyarakat Tatar Galuh Ciamis lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan potensi, hal itu diungkapkan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat menerima rombongan pembudidaya ikan koi di Joglo Barat Pendopo Ciamis, Senin (28/12/2020).

Menurutnya, Ciamis memiliki potensi alam yang bisa dikembangkan untuk pertanian, peternakan juga perikanan, dalam hal budaya ikan koi Ari Mirza Plus merupakan salah satu pengembang ikan koi khas Ciamis, hal tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Ciamis.

Bupati Ciamis, Heriat Sunarya

“Ini merupakan ikan koi khas Ciamis yang harus kita kembangkan, mudah-mudahan koi Ciamis ini bisa go internasional,” katanya.

Dikatakan Bupati, pihaknya akan berkolabirasi dengan pengusaha dan berbagai pihak terkait untuk mengembangkan potensi yang ada di agar produk ikan koi khas Ciamis bisa diterima di pasaran.

“Kita akan mengadakan even/kontes ikan koi khas Ciamis yaitu piala Bupati Ciamis, ini akan meningkatkan kualitas dan brand koi khas Ciamis di pasaran,” jelasnya.

Ketua Pokdakan, Ari Mirza

Ketua kelompok budidaya ikan (Pokdakan) Ari MirzaPlus (AmPlus) Ciamis, Ari Mirza mengungkapkan AmPlus merupakan sistem budidaya yang bekerjasama dengan 13 badan usaha milik desa (BumDes) yang ada di Kecamatan Cipaku dan dibantu 4 Bumdes penyangga yaitu Kecamatan Baregbeg, Panumbangan, Kawali dan Lumbung.

“Kedatangan kami untuk lebih mengenalkan ikan koi khas Ciamis kepada bapak Bupati, juga menunjukan hasil pengembangan ikan koi khas Ciamis di AmPlus,” ucapnya.

Menurutnya, dengan budidaya ikan koi di masa pandemi ini dapat meningkatkan ekonomi, untuk itu pihaknya mengajak kepada masyarakat Tatar Galuh Ciamis untuk budidaya ikan koi khas Ciamis, adapun bibit ikan koi khas Ciamis tersebut didatangkan langsung dari Jepang.

“Kami berharap kedepannya ikan koi khas Ciamis ini dapat menguasai pangsa pasar di Indonesia bahkan luar negeri, kami juga sudah bekerjasama dengan investor dan eksportir,” jelasnya.

Menurut Ari, pihaknya akan menggelar kontes ikan koi khas Ciamis antar Bumdes sebelum menggelar kontes piala Bupati Ciamis.

“Dengan adanya kontes tersebut diharapkan nantinya akan memotivasi pembudidaya untuk berinovasi dan berkreasi dalam pengembangan ikan koi khas Ciamis ini,” pungkasnya.

(Nank)

Admin BIN