Bupati Ciamis Himbau Masyarakat Selalu Waspada Hadapi Cuaca Ekstrim

Bupati Ciamis Himbau Masyarakat Selalu Waspada Hadapi Cuaca Ekstrim

CIAMIS, buletinindonesianews.com –
Akibat curah hujan tinggi yang melanda Kabupaten Ciamis, mengakibatkan terjadinya bencana  seperti pergerakan tanah, sekolah ambruk dan jembatan roboh, hal itu dikatakan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya usai menghadiri acara pisah sambut Kapolres Ciamis di Setda Kabupaten Ciamis, Rabu (06/01/2021).

Menurutnya, beberapa wilayah yang sedang dilanda bencana adalah Kecamatan Kawali, Panawangan, Sukadana, untuk itu pihaknya menghimbau agar masyarakat selalu waspada dalam menghadapi cuaca ekstrim yang terjadi saat ini.

“Saya harap masyarakat selalu waspada apalagi yang bermukim di dataran tinggi, apabila hujan deras terus mengguyur, sebaiknya mengungsi ke tempat aman untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Dikatakannya, pihaknya telah meninjau secara langsung ke beberapa lokasi, seperti di Sukadana ada jembatan roboh dan sekolah ambruk, di Desa Talagasari Kecamatan Kawali terjadi pergerakan tanah (Amblas), sama seperti di Indragiri Panawangan.

“Untuk menghindari bencana susulan akibat intensitas hujan tinggi, maka beberapa rumah yang terdampak baik di Kawali maupun Panawangan  penghuninya sudah kami evakuasi,” jelasnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana harus lebih waspada dan hati-hati serta mengikuti anjuran pemerintah.

“Jika tinggal di daerah sangat rawan bencana, kalau akan dievakuasi harus nurut, ikuti anjuran pemerintah,” tegasnya.

Untuk di Kawali jumlah yang terdampak ada 9 rumah, sementara di Panawangan jumlahnya lebih banyak karena lebih luas makanya masih dilakukan pendataan.

“Bantuan yang sudah sudah di distribusikan baru sembako, akan kita ditindaklanjuti dengan proses evakuasi serta menyiapkan tempat tinggal dan lainnya, saat ini mereka mengungsi di rumah sodaranya,” pungkasnya.

(Nank)

Admin BIN