oleh

Bupati Ciamis Himbau Warga Ciamis Untuk Tetap Waspada Terhadap Covid-19 Meski PPKM Telah Dicabut

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengingatkan warga Ciamis untuk tetap waspada terhadap Covid-19 meskipun pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) resmi di cabut oleh Presiden RI Joko Widodo di seluruh wilayah Indonesia.

“Pemerintah sudah meniadakan PPKM. Pergerakan masyarakat sudah dibolehkan. Tetapi yang harus kita sadari bahwa Covid-19 masih ada,” ucap Herdiat di Pendopo Ciamis, Senin (2/1/2023).

Herdiat berpesan kepada warga Ciamis untuk tetap waspada terhadap Covid-19, apalagi terhadap Covid-19 varian baru XBB. Varian baru tersebut diketahui menular lima kali lebih cepat. Namun, gejala yang ditimbulkan cukup ringan.

“Penularannya lebih cepat, meski agak ringan. Tapi kalau banyak yang terpapar akan repot juga,” ujar Herdiat.

Herdiat mengungkapkan, saat ini terdapat 5 pasien baru yang positif Covid-19. Tiga orang sementara dua orang lainnya dirawat di RSUD Banjar, terdapat juga 8 warga yang terpapar Covid-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri.

“Sampai hari ini tercatat ada 5 pasien positif Covid-19 yang sedang dirawat. 8 orang isolasi mandiri,” ungkapnya.

Pemkab Ciamis tidak lagi membatasi aktivitas masyarakat seiring kebijakan PPKM dicabut. Namun, pantauan terhadap covid-19 masih terus dilakukan.

Herdiat berkata, saat ini protokol kesehatan menjadi tanggung jawab masing-masing.

“Mau pakai prokes bagus, tidak juga tidak kena sanksi. Tapi itu tergantung tanggung jawab masing-masing. Kalau saya melangkah lebih jauh kalau memperketat lagi PPKM tentunya tidak boleh,” ucap Herdiat.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Medis RSUD Ciamis Bayu Yudiawan membenarkan tetang adanya 3 pasien baru yang positif Covid-19. Ketiga pasien tersebut sudah dinyatakan negatif dan sudah pulang ke rumahnya tepat pada tahun baru kemarin.