oleh

Bupati Herdiat Bagikan 1.000 Bidang Sertifikat Tanah Redistribusi

www.buletinindonesianews.com

CIAMIS, Jabar — Pelaksanaan sertifikasi tanah merupakan salah satu program pemerintah pusat untuk menjaga dan menstabilkan ketimpangan kepemilikan tanah. Hal itu diungkapkan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Plt Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Ciamis, Meijana Irawan Sukarja, menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah redistribusi kepada 10 orang perwakilan masyarakat dari Kecamatan Sukadana dan Banjaranyar, Rabu (22/09/2021) di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis.

Sebanyak 1.000 bidang sertifikat tanah redistribusi akan dibagikan kepada 950 orang masyarakat di wilayah Kecamatan Sukadana dan 50 orang di Kecamatan Banjaranyar, lahan yang telah terdistribusi tersebut seluruhnya merupakan lahan pertanian.

“Ini terobosan reforma agraria dalam bentuk sertifikasi tanah di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala BPN beserta jajarannya yang selalu sinergi dengan Pemkab Ciamis dalam menyelesaikan sertifikat tanah masyarakat. “Kegiatan ini sangat penting sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat melalui BPN. Atas nama pemerintah saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada BPN yang setiap tahunnya menyelesaikan ribuan sertifikat tanah milik masyarakat,” ucapnya.

Bupati pun berpesan kepada masyarakat yang menerima sertifikat agar sertifikat bidang tanah yang diterima dapat dimanfaatkan sesuai peruntukannya, untuk itu manfaatkan dengan sebaik-baiknya sertifikat itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan pensertifikatan tanah tersebut masyarakat penerima dapat menggarap tanah dengan tenang, karena salah satu bukti kepemilikan tanah adalah sertifikat,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Ciamis Meijana Irawan Sukarja menyebutkan, pelaksanaan sertifikasi redistribusi tanah di kabupaten Ciamis dari tahun 2015 sampai tahun 2021 ada sebanyak 8.577 bidang dengan luas kurang lebih 998 hektar dengan penerima 7.438 kepala keluarga.

Sementara, pada tahun 2021 kabupaten Ciamis memperoleh target sertifikat redistribusi tanah sebanyak 1.000 bidang. dari target tersebut sampai dengan tanggal 21 september 2021 telah terbit sertifikat tanah 1.000 bidang.

“Alhamdulillah kita telah mencapai target 100% dari target 1000 bidang sertifikat untuk masyarakat Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Meijana melaporkan bahwa tanah yang menjadi objek redistribusi di Kabupaten Ciamis berasal dari tanah her-redistribusi atau tanah yang pernah diredistribusi tetapi belum didaftarkan sedangkan bentuk tanahnya berupa lahan pertanian.

“Dengan penyerahan sertifikat redistribusi tanah dapat mewujudkan tujuan dari reforma agraria yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan, mengurangi ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah serta memperbaiki akses masyarakat kepada sumber ekonomi,” terangnya.

Pihaknya juga mengharapkan agar para penerima sertifikat redistribusi tanah untuk tidak mengalihkan tanahnya ke pihak lain. “Saya harap para penerima sertifikat redistribusi tanah tidak mengalihkan tanahnya ke pihak lain agar penggunaan dan pemanfaatan tanah hasil redistribusi dapat dioptimalkan demi kesejahteraan masyarakat penerima,” pungkasnya. (Nank Irawan*)

News Feed