oleh

Bupati Herdiat Berharap, APBD Kabupaten Ciamis Tidak Alami Defisit

www.buletinindonesianews.com

CIAMIS, Jabar — Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, Sekretaris Daerah, H. Tatang, Asisten Daerah, Perwakilan BPKD Ciamis dan Kabag Pembangunan Setda Ciamis, mengikuti Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis secara virtual di Aula Sekretariat Daerah Ciamis, Kamis (23/09/2021).

Dijelaskan Bupati, adanya pandemi Covid-19 telah berimplikasi pada aspek ekonomi dan sosial di Indonesia termasuk di Kabupaten Ciamis, sehingga pemerintah harus tanggap dalam mengambil kebijakan dan langkah-langkah yang cepat, tepat, fokus dan sinergis dalam penanganannya terutama dari segi kesehatan dan percepatan pendapatan ekonomi daerah (PED) pasca pandemi.

“Kondisi keuangan negara dan hampir semua Pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia saat ini mengalami defisit yang sangat luar biasa termasuk Pemkab Ciamis. Meski begitu kita berharap APBD Kabupaten Ciamis tidak mengalami defisit dan kas daerah berada pada posisi normal dan stabil,” katanya.

Menurutnya, untuk mencapai hal tersebut diperlukan pengambilan kebijakan pengelolaan keuangan daerah sebagai strategi pengamanan fiskal daerah. Adapun kebijakan pengelolaan keuangan daerah yang dilakukan Pemkab Ciamis diantaranya menata dan mengendalikan belanja daerah, optimalisasi pajak daerah dan optimalisasi pengelolaan keuangan daerah.

“Dari sisi optimalisasi pajak daerah, kita berupaya memberikan relaksasi berupa penghapusan denda pajak, pengunduran batas waktu jatuh tempo pembayaran pajak, bahkan pembebasan pembayaran pajak untuk item-item tertentu di masa pemberlakuan PPKM,” jelasnya.

Dijelaskan Bupati, salahsatu kebijakan lainnya yaitu optimalisasi data pengelolaan keuangan daerah sebagai salah satu upaya dalam rangka percepatan perluasan Elektronifikasi, Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), untuk menunjang dan meningkatkan akuntabilitas keuangan daerah serta optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Dengan beberapa kebijakan yang diambil tersebut kami berharap dapat tetap menjaga kinerja pengelolaan keuangan daerah agar tidak mengalami defisit dalam rangka mempertahankan tingkat kesejahteraan masyarakat Tatar Galuh Ciamis yang kami cintai,” harapnya.

Dalam rapat paripurna tersebut Bupati Ciamis menyampaikan penjelasan Rancangan Kebijakan Umum (RKU) perubahan anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) perubahan APBD Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2021 untuk mendapatkan pembahasan dan persetujuan nota kesepakatan antara tim anggaran daerah dengan komisi-komisi dan badan anggaran DPRD. (Nank Irawan*)

News Feed