oleh

Bupati Herdiat : FPSH dan HAM, Wadah Pelajar Dalam Menerapkan Pentingnya Darkum dan HAM

www.buletinindonesianews.com

CIAMIS, Jabar — Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya mengukuhkan Pengurus Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Azasi Manusia (FPSH dan HAM), Penobatan Duta Hukum dan HAM Kabupaten Ciamis Tahun 2021, di Aula Setda Kabupaten Ciamis, Kamis (16/09/2021).

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengatakan, FPSH dan HAM merupakan wadah bagi para pelajar untuk menerapkan pentingnya sadar hukum (Darkum) dan HAM, yang berperan sebagai ujung tombak dalam mensosialisasikan darkum dan HAM di kalangan pelajar.

“Semoga para pelajar yang baru dikukuhkan menjadi pejuang dalam hal sadar hukum dan HAM di wilayah Kabupaten Ciamis,” katanya.

Menurut Bupati, generasi muda harus memiliki semangat tinggi darkum dan HAM, untuk terus dilaksanakan secara sinergis dan berkesinambungan sebagai harapan masyarakat dimasa yang akan datang.

“Pelajar merupakan generasi penerus yang harus memiliki fundamen dan mental kuat, tidak mudah menyerah memiliki semangat tinggi demi keberlangsungan bangsa kita,” jelasnya.

Diungkapkannya, generasi muda adalah cermin bangsa dimasa depan, proses pembangunan dan berjalannya roda generasi harus diperhatikan termasuk perkembangan zaman, untuk itu generasi pemuda harus disiapkan sedini mungkin. Di era serba digital ini sebagai generasi muda, pelajar memiliki tantangan yang berbeda dengan situasi pada masa lalu.

“Di zaman yang serba digital ini selain memperluas juga mempersempit interaksi, banyak anak muda yang terhanyut dunia maya sehingga mereka lupa tidak terlibat secara langsung dalam sosialisasi secara nyata,” ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan selamat berjuang dan selamat bertugas, Ia pun berpesan agar kepada pengurus yang baru dilantik agar mempunyai jiwa pantang menyerah, kuat, rela berkorban terutama waktu tenaga dan pikiran.

Sementara itu Pembinaan Kesadaran Hukum Provinsi Jawa Barat Ida Suciati Mandirisari, menambahkan bahwa FPSH dan HAM hadir untuk mewujudkan kesadaran hukum tingkat pelajar dan pemuda.

“Ini menjadi wadah sebagai bakal calon pemimpin masa depan, karena suatu saat mereka akan terjun kepada masyarakat untuk menyebarkan nilai positif kepada masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, melalui FPSH dan HAM ini para pelajar diharapkan bisa memahami adab dan aturan, baik itu tertulis maupun tidak tertulis. Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemda Ciamis yang telah mendukung FPSH sebagai upaya Pendidikan karakter di kalangan pelajar dan pemuda.

Dalam acara tersebut, Aldi Ripaldi pelajar asal SMAN 1 Kawali Ciamis dikukuhkan menjadi ketua FPSH dan HAM Kabupaten Ciamis, sementara pengurus dan para pelajar Ciamis lainnya mengikuti secara virtual dari sekolah asalnya masing-masing. (Nank Irawan*)

News Feed