oleh

Bupati Herdiat : Karang Taruna Harus Bisa Berikan Energi Positif, Karya dan Kreatifitas

www.buletinindonesianews.com

CIAMIS, Jabar — Dalam rangka menyambut Hari Lahir (Harlah) Karang Taruna ke-61, Karang Taruna Kabupaten Ciamis menggelar Teras Kopi (Temu Rasa dan Konsolidasi Potensi), Sabtu (25/09/2021) malam di Sekertariat Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Jalan Jendral Sudirman No 87.

Adapun peserta yang hadir dalam acara tersebut adalah pengurus Karang Taruna Kabupaten dan perwakilan Karang Taruna dari seluruh kecamatan di Kabupaten Ciamis dan desa/kelurahan terdekat ke pusat kota, dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) acara berjalan lancar.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya yang juga merupakan Pembina Umum Karang Taruna Kabupaten Ciamis, dalam pesan nya melalui tayangan video mengatakan, Karang Taruna dalam ulang tahunnya yang ke-61, usia itu tidaklah dipandang sebagai angka semata, tetapi merefleksikan sejarah panjang perkembangan organisasi pemuda terbesar di Indonesia, Karang Taruna harus hadir sebagai respon dan jawaban atas kompleksitas persoalan sosial khususnya di kalangan generasi muda.

“Kader-kader Karang Taruna khususnya Karang Taruna Kabupaten Ciamis dari tingkat kabupaten, Kecamatan, desa/kelurahan hingga ke unit harus bisa memberikan energi positif, karya dan kreatifitas dengan berkontribusi secara langsung baik kepada pemerintah maupun kepada masyarakat,” ujarnya.

Diungkapkan Bupati, 61 tahun berlalu permasalahan sosial semakin beragam tentunya sering perkembangan zaman apapun bentuk permasalahan sosial yang ada di masyarakat Karang Taruna harus hadir untuk menjadi solusi.

Bupati juga sangat bangga dan mengapresiasi atas kerja keras, peran aktif dan dedikasi Karang Taruna dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Ciamis.

“Pandemi Covid-19 ini adalah ujian kesabaran bagi kita, untuk itu saya berharap Karang Taruna selalu memberikan baktinya kepada masyarakat dalam bingkai kesetiakawanan sosial. Selamat ulang tahun Karang Taruna, Aditya Karya Mahatva Yodha,” harapnya.

Sementara itu Sekertaris Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Ega Anggara Alkautsar mengatakan Teras Kopi kali sekaligus menyambut Harlah Karang Taruna ke-61 dengan mengambil tema “Konsisten Berkarya Untuk Bangsa” dengan tujuan merekatkan tali persaudaraan, menciptakan inovasi, karya dan memperkuat keutuhan NKRI.

“Teras Kopi adalah tempat ngopi bareng yang bisa menemukan rasa dan konsolidasi potensi, dengan harapan bisa melahirkan inovasi dan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi, khususnya masalah sosial,” katanya.

Dijelaskannya, Ciamis banyak memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah, potensi tersebut harus mampu dikelola dan dikembangkan dengan baik oleh generasi muda yang tergabung dalam Karang Taruna.

“Karang Taruna bisa menjadi pelopor pertumbuhan kualitas pengelolaan SDA dan juga Sumber Daya Manusia (SDM) dengan sinergitas yang dijalin antara Karang Taruna dengan pemerintah, dengan sinergitas tersebut, Ciamis akan maju dan sejahtera untuk semua,” jelasnya.

Menurut Ega, pada momentum Harlah ini, Karang Taruna yang sudah berusianya 61 tahun tentunya Karang Taruna sudah tidak muda lagi, untuk itu Karang Taruna harus bisa lebih mandiri, lebih berinovasi, lebih mensejahterakan diri dan yang paling utama bisa memiliki prestasi dan menghasilkan karya untuk bangsa.

“Karang Taruna merupakan wadah pemuda, untuk itu sebagai pemuda dituntut punya karya nyata untuk masyarakat yang dirasakan langsung oleh masyarakat, selain itu bisa mewujudkan Kabupaten Ciamis ini lebih maju mandiri dan sejahtera untuk semua,” tegasnya.

Hampir 2 tahun seluruh dunia dilanda pandemi Covid-19 termasuk di Kabupaten Ciamis, untuk itu Karang Taruna dituntut untuk membantu program pemerintah dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19, dengan ikut mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat, Karang Taruna harus menjadi garda terdepan dalam keikut seraannya memulihkan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah Ciamis sekarang di level 2 PPKM, saya berharap agar Karang Taruna bisa menjadi pelopor dalam pemulihan ekonomi masyarakat di daerah nya masing-masing dengan mengembangkan potensi SDA, SDM, Ekonomi Kreatif dan lainya,” pungkasnya. (Nank Irawan*)

News Feed