oleh

Bupati Herdiat Lepas 12 Ekor Kukang Jawa di Panjalu

www.buletinindonesianews.com

Ciamis, Jabar —  Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melepas liarkan 12 ekor Kukang Jawa (Nycticebus Javanicus) ke habitatnya di Cagar Alam Nusa Gede Kecamatan Panjalu, Kamis, (12/08/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat tersebut  selain untuk menghidupkan kembali kawasan Cagar Alam Nusa Gede juga demi menjaga dan melindungi perkembangan satwa liar, terdapat 12 ekor Kukang Jawa yang di lepas liarkan ke habitatnya tersebut, 3 ekor dilepaskan di Nusa Gede Panjalu dan 9 ekor di kawasan esensial. Dalam kegiatan tersebut selain pelepasan satwa liar juga dilaksanakan penanaman pohon, penamaan pohon, orasi ilmiah dan orasi budaya.

Bupati mengatakan dulu waktu bertugas sebagai Sekmat di Panjalu pihaknya baru mengetahui dan mendengar bahwa Cagar Alam Nusa Gede Panjalu merupakan cagar alam tertua di Indonesia.

“Dulu waktu saya bertugas selama 7 tahun sebagai Sekmat Panjalu, saya mendengar bahwa Cagar Alam Nusa Gede Panjalu ini merupakan cagar alam tertua di Indonesia,” ungkapnya..

Menurutnya, setiap orang harus memiliki keinginan untuk memelihara, merawat dan melestarikan satwa liar, tidak cukup hanya sebagian orang atau komunitas saja.

“Sudah selayaknya kita memelihara merawat dan melestarikannya, tidak bisa hanya Bupati, Camat dan Kuwu yang punya keinginan tersebut, harus ada kolaborasi dari semua lapisan masyarakat,” jelasnya.

Bupati juga mengaku bangga juga berharap agar masyarakat dapat bersama-sama menjaga kelestarian hewan langka yang dilindungi tersebut sehingga nantinya dapat berkembang biak.

“Bangga sekali apalagi kita sama-sama melepas kukang hewan langka yang dilindungi ini ke habitatnya, mohon di jaga oleh semua masyarakat, semoga bisa berkembang biak,” harapnya.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Dirjen Konservasi SDAE Kementerian LHK yang telah menyempatkan hadir mengikuti kegiatan tersebut.

Dirjen Konservasi SDAE memberikan piagam penghargaan kepada Bupati atas kepemimpinan, kepeloporan dan dukungannya menjadikan konservasi sebagai jati diri Kabupaten Ciamis. Piagam juga diberikan kepada Wakil Bupati, Ketua DPRD, Ketua Dewan Kebudayaan serta para tokoh pegiat dan pecinta lingkungan hidup di Kabupaten Ciamis. (Nank Irawan**)

Editor : Neneng Tsamrotussa’adah

News Feed