oleh

Bupati Herdiat : PKK Berikan Kontribusi Besar Dalam Pembangunan

www.buletinindonesianews.com

CIAMIS, Jabar — Tim Penggerak Program Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dengan kader-kadernya telah memberikan kontribusi yang cukup besar dalam mendukung keberhasilan program kependudukan dan keluarga berencana sebagai mitra kerja pemerintah daerah.

Hal itu diungkapkan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membuka acara pencanangan kesatuan gerak PKK bangga kencana dan kesehatan tingkat Kabupaten Ciamis tahun 2021, Selasa, (28/09/2021) di Gedung PKK Kabupaten Ciamis.

Adapun yang hadir dalam acara tersebut adalah, Sekretaris Daerah, Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis, Plt Asisten Daerah 1, Kadinkes Ciamis, dan diikuti oleh seluruh Ketua PKK Kecamatan dan Desa secara langsung dan virtual.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) PKK tingkat Kabupaten Ciamis dengan mengusung tema “Kita Wujudkan Keluarga Sejahtera, Menuju Jawa Barat Juara”.

“PKK telah memberikan kontribusi yang besar sehingga pelaksanaan pembangunan khususnya di bidang kesehatan, pendidikan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Perempuan (SDP) dapat dilaksanakan dengan baik,” katanya.

Dijelaskannya, pembangunan kependudukan dan Keluarga Berencana (KB) yang sekarang sedang berjalan mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Bidang kesehatan saat ini masih menjadi masalah yang membuat kita harus berupaya lebih giat lagi untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat agar berperilaku sehat,” jelasnya.

Diakui Bupati tim penggerak PKK sangat berkontribusi besar terhadap program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Peran PKK sangat luar biasa dalam membantu Pemkab Ciamis, tanpa bantuan ibu- ibu semua belum tentu kasus Covid-19 kita hari ini bisa melandai,” ungkapnya.

“Terimakasih atas semua suport dan doronganya, mari kita sama-sama bahu membahu mengedukasi dan mensosialisasikan pada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan,” tandasnya.

Sementara itu Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat menambahkan maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang merata, meningkatkan upaya menciptakan kesehatan lingkungan di rumah dan pemukiman yang bersih dan sehat, juga meningkatkan kualitas dalam program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, pembangunan keluarga, kependudukan, KB dan kesehatan sebagaimana tertuang dalam RPJM dsn RPJP.

“Untuk dasar penyelenggaraan kegiatan kami mengacu pada Perpres No 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting,” pungkasnya. (Nank Irawan**)

News Feed