Bupati Majalengka Serahkan 500 Sertifikat Melalui Program PTSL

Bupati Majalengka Serahkan 500 Sertifikat Melalui Program PTSL

Buletin Indonesia News,

Majalengka – Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi menyerahkan sebanyak 500 sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat di empat Kecamatan yakni, Kec. Lemahsugih, Kec. Maja, Kec. Cikijing dan Kec. Talaga, secara simbolis Bupati menyerahakan sertifikat tsb di Lapangan Pandawa Desa Lemahputih Kec.Lemahsugih, Kamis (12/03/2020).

Hadir juga Wakil Bupati, Sekda, para Staf Ahli, Asisten Daerah Kab.Majaengka, Kepala Kantor Pertanahan Kab. Majalengka, unsur Forkopimda, Kepala Dinas Kominfo beserta para Kepala OPD lainnya, Unsur Muspika Kec.Lemahsugih, tokoh Agama, Tokoh masyarakat serta para tamu undangan lainnya.

Bupati Majalengka DR H. Karna Sobahi M.Pd yang di dampingi Kepal BPN Dedi Purwadi, SH saat memberikan sertifikat tanah melalui program PTSL di Kab. Majalengka

Dalam laporannya Kepala Kantor Pertanahan Kab. Majalengka Dedi Purwadi, SH, menyampaikan bahwa kegiatan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini dilaksanakan sejak tahun 2017 sampai dengan 2019, PTSL merupakan program tertib administrasi pertanahan dan akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah itu sendiri melalui pajak bumi dan BPHTB.

“Sertifikat tanah ini bukan hanya sebagai tanda bukti hak atas tanah yang dimiliki, namun berguna untuk penambahan modal, prioritas dari pada PTSL ini hingga tahun 2024 dengan harapan ditahun 2024 semua wilayah sudah terdaftar semua. suport dari pemerintah daerah untuk merangsang kucuran dana APBD dapat membantu mewujudkan target di tahun 2024 bisa tercapai,” harapnya.

Lebih lanjut Dedi Purwadi menambahkan sebanyak 19.712 sertifikat tanah dalam minggu ini, akana dibagikan, namun untuk saat ini kami hanya mengundang 500 penerima sertifikat untuk 4 Kecamatan.

Sementara Jumlah bidang yang terdapat di Kab. Majalengka sebanyak 995.499 bidang pada tahun 2019. “Bidang tanah yang telah terdaftar sebanyak 172.517 bidang (17,3%) dan bidang yang belum terdaftar 822.982 artinya masih terdapat sekitar (82,7%) bidang tanah yang harus disertifikatkan,” papar Dedi.

Di acara Yang sama, dalama sambutannya Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.Pd., mengatakan bahwa Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini merupakan program strategis Nasional bertujuan untuk mewujudkan pemberian kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah masyarakat berlandaskan azas sederhana, cepat, lancar, aman, adil dan terbuka serta akuntabel.

Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ekonomi negara serta mencegah sengketa dan konflik pertanahan,” tandas bupati.

Atas nama Pemerintah Kab. Majalengka saya mendukung program-program BPN berupa penyerahan sertifikat tanah serta program lainnya yang dapat mempermudah masyarakat Majalengka mendapatkan sertifikat, ditambahkannya.

“Sehingga masyarakat mempunyai kepastian hukum dan ada nilai ekonomis untuk kesejahteraan masyarakat sehingga visi Majalengka Raharja akan terwujud, pungkasnya.

(Emma/*)

BULETIN INDONESIA NEWS

%d blogger menyukai ini: