Bupati Usulkan Nama Jogo Jagat untuk Temuan Gunung Bawah Laut di Pacitan

Buletin Indonesia News.com

PACITAN, Jatim- Baru-baru ini, gunung di bawah laut ditemukan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) RI yang ada di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Nama Jogo Jagat pun diusulkan oleh pemerintah Kabupaten Pacitan untuk temuan barunya itu.

Sebelumnya, pada bulan September 2022 tim sudah melakukan survei sampai November 2022 dengan kapal Baruna Jaya III, seperti yang sudah diberitakan di perss release-nya tanggal 12 Februari 2023.

“Jadi itu sebenarnya sudah terlihat, jangan-jangan ini gunung di bawah laut. Dan setelah diolah (datanya) itu betul, gunung bawah laut dan masih masuk di dalam perairan wilayah Indonesia,” ucap Atika Kumala Dewi, anggota tim dari BIG.

Tujuan dilakukan survei adalah untuk mendapatkan data topografi bawah laut secara detail dan menjadi data penghitungan luas.

Diketahui, gunung ini mempunyai ketinggian kurang lebih 2.200 km yang berada di kedalaman dasar laut sekitar 6.000 meter, puncaknya sendiri memiliki kedalaman sekitar 3.800 meter.

Untuk penamaannya sendiri akan disesuaikan dengan PP No. 2 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nama Rupabumi. Hingga saat ini pun pemberian nama gunung bawah laut Pacitan masih dalam proses finalisasi.

Soal penamaan juga membutuhkan kesepakatan dari para ahli, seperti BIG yang mengundang para pakar geologi, hidrografi dan pemerintah pada Rabu (8/2/2023). Para pakar juga setuju untuk tidak menggunakan nama orang, karena berkaitan dengan mitigasi bencana dan bisa jadi gunung di bawah laut ini menjadi ancaman bencana di masa depan.

Dari pihak pemerintah Kabupaten Pacitan sendiri mengusulkan nama Jogo Jagat untuk gunung dibawah laut. Usulan nama tersebut nantinya akan dibahas di agenda Penelaahan Nama Rupabumi tingkat Pusat di bulan Maret 2023.

Terakhir, nama gunung laut Pacitan ini rencananya aka didaftarkan ke ranah internasional di SCUFN GEBCO pada bulan Juni 2023 mendatang.