Dalam Giat Operasi Keselamatan Menumbing 2023, Sat lantas Polres Bangka Amankan 57 Unit Knalpot Brong 573 Pelanggaran

Buletin Indonesia News.com

Sungailiat Bangka, — Doorstop Humas Polres Bangka – selama pelaksanaan Operasi Keselamatan Menumbing 2023 dari tanggal 7-20 Februari 2023 Satlantas Polres Bangka berhasil amankan knalpot Racing 47 unit dengan pelanggaran sebanyak 573 dan kecelakaan 4 kejadian dengan korban 1 orang meninggal dunia, 3 org luka ringan, Selasa (21/2/2023).

“Selama operasi ini kita mengamankan sebanyak 47 unit knalpot racing atau knalpot brong,” ujar Kasat Lantas Polres Bangka Iptu Rizka Siti Amalia Seizin Kapolres Bangka AKBP Taufik Noor Isya, S.I.K., dan didampingi Kasi Humas AKP Zulkarnain dan Kbo Sat Lantas Iptu Kardonetso Siagian, SH.

Kasat Lantas Iptu Rizka Siti Amalia, S.Tr.K., menjelaskan “Selama operasi keselamatan menumbing 2023 Sat Polres Bangka melaksanakan tindakan berupa teguran sebanyak 573 pelanggaran. Dari semua pelanggaran yang dilakukan diberikan teguran tertulis dan surat pernyataan agar tidak mengulangi pelanggaran yang dilakukan kembali,” jelas Iptu Rizka.

Pelanggaran didominasi oleh pengendara kendaraan sepeda motor yang melanggar pelanggaran Kasat Mata seperti tidak menggunakan helm dan melawan arus lalu lintas.

“Selama Operasi Keselamatan Menumbing 2023 kita tidak melakukan penilangan manual terhadap pelanggar namun kita berikan teguran sekaligus himbauan untuk tidak melakukan pelanggaran lalulintas,” ujar Iptu Rizka Siti Amalia.

Selain melakukan peneguran terhadap pelanggar kendaraan bermotor, dalam Pelaksanaan Operasi Keselamatan Menumbing 2023 Satlantas Polres Bangka juga lebih mengedepankan sosialiasi, edukasi dan himbauan kepada masyarakat terkait tertib berlalulintas.

Mulai dari sosialisasi ke sekolahan dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA, pembagian pamflet, brosur, pemasangan spanduk. Juga sampai dengan pemberian helm, bunga dan coklat kepada pengendara yang tertib berlalulintas. 

“Lebih humanis dalam menggelar Operasi Keselamatan Menumbing 2023 sekaligus lebih mendekatkan kepada masyarakat sehingga keberadaan Polri dirasakan ditengah tengah masyarakat,” ucap Iptu Rizka Siti Amalia.

Rizka Siti Amalia menghimbau kepada masyakarat agar selalu mentaati aturan lalulintas kapanpun dan dimanapun saat berada dijalan raya. Jangan menaati aturan saat ada petugas saja serta perlu kesadaran bahwa peraturan lalulintas dibuat demi kepentingan pengguna jalan raya.

“Peraturan lalulintas dibuat untuk keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan raya itu yang harus ditanamkan,” imbau Iptu Rizka Siti Amalia.

(WW)