Dampingi Walikota Banjar Kunker, Kapolres Resmikan Lembur Tohaga Lodaya di Desa Batulawang

Dampingi Walikota Banjar Kunker, Kapolres Resmikan Lembur Tohaga Lodaya di Desa Batulawang

Dampingi Walikota Banjar Kunker, Kapolres Resmikan Lembur Tohaga Lodaya di Desa Batulawang

BANJAR, buletinindonesianews.com – Walikota Banjar Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si. bersama Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny, S.I.K.,M.H. secara bersamaan menghadiri kegiatan kunjungan kerja wali kota sekaligus peresmian Lembur Tohaga lodaya di dusun Cimanggu Desa Batulawang Kecamatan Pataruman kota Banjar, selasa (17/11/20).

Dalam kegiatan tersebut Kapolres bersama Walikota mengecek berbagai ketahanan pangan dan budidaya ikan, peternakan sapi sebagai salah satu indikator terciptanya Lembur Tohaga Lodaya.

Disamping itu, dua Srikandi ini juga mengecek bagaimana kesiapsiagaan kelompok, anggota dan masyarakat dalam menyikapi pandemi Covid-19 saat ini selain memantau bagaimana kondisi dilapangan serta kegiatan apa saja yang dilakukan oleh masyarakat di kampung Tohaga serta apa saja hasil kegiatan yang dilaksanakan dalam meningkatkan ketahanan pangan, ekonomi dan sumber daya manusia.

Walikota Banjar Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si. bersama Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny, S.I.K.,M.H. dalam kunjungan kerja wali kota sekaligus yang peresmian Lembur Tohaga lodaya

Lembur Tohaga Lodaya Desa Batulawang diantaranya memiliki ketangguhan Kelompok ikan Mina Cimanggu di Dusun Cimanggu RT. 08 RW. 02 Desa Batulawang Kecamatan Pataruman Kota Banjar dan rencana pengembangan Ternak Sapi di Dusun Cimanggu RT. 05 RW. 02 Desa Batulawang. Didesa ini juga terdapat Kelompok Ikan Bioplok Mina Cimanggu Dusun Cimanggu RT. 06 RW. 02 Desa Batulawang dan Kelompok Wanita Tani Tumbuh Berkah di Dusun Cimanggu RT. 07 RW. 02 Desa Batulawang serta ketangguhan bidang Kesehatan yang meliputi
Puskesdes, Posyandu, RW Siaga
Dan posko Covid 19 serta bidang Keamanan seperti Poskamling, FKPM dan Linmas. Disana juga, terdapat Pusat Informasi, SID (Sistem Informasi Desa) Desa Batulawang.

Pada kesempatan tersebut Walikota Banjar dan Kapolres Banjar mengecek aspek bidang ekonomi pertanian, Perternakan, Perikanan, keagamaan, kesehatan, keamanan dan pusat informasi Desa, kegiatan tersebut di hadiri oleh Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Banjar, Kasat Pol PP, Kadishub Kota Banjar, OPD Pemkot Banjar, Kasat Binmas, Kapolsek Pataruman, Danramil Langensari, Camat Pataruman, Kades Batulawang, BPD Desa Batulwang, Kader PKK Desa Batulwang, ADM PTPN VIII Batulawang, Bhabinkamtibmas/ Bhabinsa/Bina Desa, karang taruna Bina karya serta Warga masyarakat sekitar.

Lembur Tohaga Lodaya merupakan program dimana masyarakat bisa gotong royong dan mandiri dalam menghadapi Pandemi Covid-19 dan saat penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal dengan memaksimalkan Protokol Kesehatan yaitu tohaga Jasmani dan Rohani, tohaga sosial ekonomi, tohaga Keamanan, tohaga kesehatan dan terutama Tohaga ekonomi yang saat ini sangat terpengaruh akibat adanya pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny, S.I.K.,M.H. menyampaikan pesan agar kegiatan lembur Tohaga maupun kampung tangguh jangan dijadikan kegiatan seremonial saja.

“tapi bagaimana kita bisa meningkatkan peran serta masyarakat untuk ikut aktif dalam mengembangkan sumber daya alam dan sumber daya manusia dimasa pandemi Covid-19 saat ini” tandasnya.

Selanjutnya Walikota Banjar Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si. juga menyampaikan untuk selalu semangat dan tetap tangguh dalam menghadapi berbagai situasi termasuk dalam masa pandemi seperti sekarang ini.

“Semangat, harus tetap semangat Saya bersama Ibu Kapolres terus bersinergi dan tetap semangat dalam menghadapi situasi pandemi kita harus tetap produktif” ucap Walikota Banjar.

Dalam kegiatan tersebut juga Walikota Banjar bersama Kapolres Banjar memberikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak Covid-19. (Susi)

Admin BIN