oleh

Dana Hibah Polisi dan TNI 485 Miliar! Gilbert Simanjuntak : Ini Hasil Pajak Rakyat, Harusnya Untuk Kepentingan Rakyat!

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA, — Gilbert Simanjuntak Anggota Bangar DPRD DKI Jakarta, menyoroti mengenai dana hibah Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya yang diusulkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Usulan anggaran tersebut dimasukkan ke dalam RAPBD di tahun 2023 mencapai Rp 485 miliar.

Gilbert mempertanyakan urgensi dari Pemprov DKI Jakarta yang memberikan dana hbah yang nominalnya bukan main-main. Menurut Gilbert, dana sebesar itu sangatlah tidak masuk akal. Karena Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya telah mendapatkan anggaran dananya sendiri yang diberikan dari pemerintah pusat.

“Yang agak mengganggu buat saya, kenapa begitu besar dana kita berikan kepada non-pemprov dalam hal ini polda, segala macam? Toh mereka dapat anggaran sendiri kok dari pusat. Dasarnya apa? Buat apa? Kalau sebesar itu, buat apa?” kata Gilber di dalam rapat, hari Jum’at (11/11/2022).

Gilbert menganngap nilai uang yang digunakan di dalam APBD adalah hasil dari pajak rakyat. Sehingga, anggaran sebesar 485 miliar itu seharusnya dipergunakan untuk kepentingan atau kebutuhan rakyat nanti.

“Anggaran ini kan pajak rakyat, mestinya dikembalikan pada sektor yang sangat membatu masyarakat. Hampir setengah triliun, 485 miliar. Apa dasarnya? Rasanya tidak masuk akal,” ujarnya.